Tutup Perayaah Paskah, Rektor UKAW: Jangan Takut dan Bertanggung Jawab

  • Bagikan
SAMBUTAN. Rektor UKAW Kupang, Dr Ayub Urbanus Imanuel Meko ketika menyampaikan sambutanya usai ibadah syukur Paskah 2023 di Aula Yohanes UKAW Kupang, Senin (17/4). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Civitas akademika Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang ikut memeriahkan hari raya Paskah Tahun 2023. Berbagai perlombaan mulai dari paduan suara hingga olahraga antar mahasiswa dan dosen.

Kegiatan yang berlangsung sejak 11 April 2023 itu resmi ditutup oleh Rektor UKAW Kupang, Dr Ayub Urbanus Imanuel Meko ditandai dengan ibadah bersama di Aula Yohanes UKAW Kupang, Senin (17/4).

Ibadah syukur Paskah dipimpi oleh Pdt Anika C Tekene, dengan mengusung tema ''Ia Mendahului Kamu ke Galilea: Jangan Takut". Para dosen, mahasiswa dan pengurus Yayasan UKAW Kupang berkesempatan hadir.

Dr Ayub Meko dalam kesempatan tersebut menyampaikan terima kasih kepada panitia dan seluruh civitas akademika yang terlibat mensukseskan kegiatan itu.

Merujuk pada tema Paskah, dosen Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) itu menegaskan bahwa menuntut semua umat untuk tanggung jawab.

"Tuntutan tanggung jawab itu adalah kita harus mengikutinya ke Galilea. Tetapi tidak perlu takut karena Ia selalu beserta kita," ujarnya.

Karena itu, sebagai orang-orang yang mengikutinya ke Galilea harus menunjukkan tanggung jawab sebagai dosen, sebagai pegawai maupun sebagai mahasiswa.

"Ini yang menjadi pergumulan kita untuk membawa UKAW Kupang ke arah yang lebih baik dengan menunjukkan tanggung jawab kita sebagai dosen maupun mahasiswa," tandasnya.

Ayub menegaskan kepada seluruh civitas agar memperhatikan masalah sampah yang dibuang sembarangan di halaman kampus oleh orang-orang yang berintelek.

"Kita sudah di kota tapi perilakunya masih seperti di kampung. Kita harus menetapkan Imago Dei dimana kita berada," tandasnya.

Ketua Pembina Yayasan UKAW Kupang, Djidon de Haan dalam sambutannya mengingatkan tiga poin penting kepada keluarga besar UKAW Kupang.

"Ada tiga pemali untuk orang Kristen. Pemali itu adalah jangan mengeluh, jangan khawatir, dan jangan takut," tegasnya.

Menurutnya, tiga poin penting ini juga menjadi pegangan untuk menghadapi dua tantangan besar UKAW dalam waktu dekat, yaitu penerimaan mahasiswa baru dan pemilihan Rektor UKAW Kupang.

"Saya meyakini semuanya akan berlangsung dengan baik karena Tuhan sudah mengatur segala sesuatu dengan baik," pintanya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Paskah 2023 UKAW Kupang, Dina Natonis dalam laporannya menyebut, untuk memeriahkan perayaan Paskah 2023 kali ini diadakan berbagai aneka lomba.

"Semua lomba ini kami gelar tanpa memungut biaya dari peserta lomba," katanya.

Menurutnya, kegiatan lomba diantaranya jalan santai, lomba vocal group, lomba solo, futsal, tarik tambang, tenis meja, seminar paskah dengan melibatkan semua pimpinan fakultas, workshop dan sosialisasi kanker dan tumor.

"Rangkaian kegiatan itu bertujuan untuk membina kekeluargaan antara dosen dan juga mahasiswa. Dengan aneka lomba ini kita mengenal satu dengan yang lain," pungkasnya. (r3)

  • Bagikan