Operasi Komodo Turangga, Polda Geser 1660 Personil

  • Bagikan
CEK PERALATAN. Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma memantau alat-alat dan kendaraan yang akan digunakan untuk pengamanan KTT Asean Summit usai Apel Gelar Pasukan Operasi Komodo Turangga di Lapangan Rocky Sitohang, Sabtu (29/4). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX).

Pengamanan KTT Asean Summit ke-42

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Kepolisian Daerah (Polda) Nusa Tenggara Timur (NTT) mengirimkan sebanyak 1660 personil untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi KTT Asean Summit ke-42 di Labuan Bajo.

Pergeseran pasukan tersebut ditandai dengan Apel Gelar Pasukan Operasi komodo Turangga 2023 di Lapangan Rocky Sitohang Mapolda NTT, Sabtu (29/4).

Apel gelar pasukan itu dipimpin langsung Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma didampingi Wakapolda NTT Brigjen Pol Heri Sulistianto dan para pejabat utama PJU Polda NTT.

Usai apel, dilanjutkan dengan pengecekan alat-alat atau fasilitas penunjang pengamanan. Personil polri ini akan diberangkatkan melalui jalur laut menggunakan dua Kapal Fery pada Minggu (30/4) dan akan tiba Selasa (2/5).

Kapolda NTT Irjen Pol Johni Asadoma mengatakan untuk pengaman Polri melibatkan total sebanyak 2.627 personil dengan rincian, Mabes Polri 947 personil dan 1.660 personil dikirim dari Mapolda NTT dan polres jajaran serta 20 personil dari Polda NTB.

Dikatakan, pihaknya meningkatkan antisipasi terkait berbagai ancaman seperti demonstrasi, kemacetan, terorisme, serangan syber dan berbagai ancaman lainnya.

"Berbagai bentuk gangguan kami mengantisipasinya dengan baik agar bisa dihindari," katanya.

Ia juga mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Manggarai Barat agar bersama-sama mendukung kelancaran kegiatan yang akan menghadirkan 11 kepala negara itu.

"Kita berharap masyarakat dapat menenangkan diri karena ini menyangkut nama baik bangsa Indonesia dan Labuan Bajo sendiri," sebutnya.

"Masyarakat harus bersyukur karena presiden menunjuk NTT, Labuan Bajo sebagai tuan rumah meski sebelumnya fasilitas tidak mendukung. Kita membalas kepercayaan ini dengan menjaga dan melancarkan kegiatan KTT Asean Summit," tambahnya. (r3)

  • Bagikan