Marciana Pantau Layanan Pemeriksaan Keimigrasian Delegasi Asing KTT ASEAN

  • Bagikan
PASTIKAN PELAYANAN IMIGRASI. Kakanwil Kemenkumham Provinsi NTT, Marciana Domikina Jone memantau pelayanan imigrasi di Konter Pemeriksaan Keimigrasian Bandar Udara Komodo, Selasa (9/5/2023). Pelayanan imigrasi ini untuk mendukung pelaksanaan KTT ASEAN 9-11 Mei 2023 di Labuan Bajo. (FOTO: HUMAS KANWIL KEMENKUMHAM)

LABUAN BAJO, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Kepala Kanwil Kemenkumham NTT, Marciana Dominika Jone memantau langsung layanan pemeriksaan dokumen perjalanan (paspor) di Konter Pemeriksaan Keimigrasian Bandar Udara Komodo, Selasa (9/5/2023). Pemeriksaan dilakukan terhadap 327 paspor milik Presiden dan Perdana Menteri beserta rombongan delegasi ASEAN Summit/KTT ASEAN ke-42 Tahun 2023 di Labuan Bajo dan kru pesawat yang mendarat dengan penerbangan internasional atau penerbangan langsung.

Marciana terus mengingatkan para petugas khususnya dari Kantor Imigrasi Labuan Bajo yang dibantu Tim dari Kanwil Kemenkumham NTT, Imigrasi Ngurah Rai Bali, dan Ditjen Imigrasi untuk memberikan pelayanan terbaik. Pemeriksaan paspor secara kolektif agar dilakukan dengan cepat, kurang dari 20 menit tanpa mengabaikan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

Khusus dalam perhelatan KTT ASEAN, pemeriksaan paspor dilakukan secara kolektif difasilitasi LO Kementerian Luar Negeri dan LO delegasi sehingga tidak ada antrian pada Konter Pemeriksaan Keimigrasian di Area Kedatangan Luar Negeri Bandar Udara Komodo. Selain Kakanwil, proses pemeriksaan Keimigrasian juga sempat dipantau langsung Direktur Kerjasama Keimigrasian, Heru Tjondro.

Adapun Kepala Negara/Kepala Pemerintahan yang telah tiba di Labuan Bajo yakni Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen, Perdana Menteri Timor Leste, Taur Matan Ruak, Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh, Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, Perdana Menteri Laos, Sonexay Siphandone, Presiden Filipina, Bongbong Marcos, dan Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong.

China Southern Airlines yang ditumpangi Perdana Menteri Kamboja, Hun Sen tiba pertama pada pukul 12.45 wita. Pesawat dengan nomor penerbangan KOC01 rute Phnom Penh - Labuan Bajo ini total mengangkut 64 penumpang, terdiri dari 42 delegasi dan 22 kru pesawat.

Pada pukul 13.45 wita, Perdana Menteri Timor Leste, Taur Matan Ruak beserta rombongan tiba dengan pesawat Aero Dili dengan nomor penerbangan 8G887 rute Dili-Labuan Bajo. Jumlah penumpang 27 orang, terdiri dari 14 delegasi dan 13 kru pesawat.

Selanjutnya, Perdana Menteri Vietnam, Pham Minh Chinh tiba dengan pesawat Vietnam Airlines rute Hanoi-Labuan Bajo pada pukul 14.43 wita. Penumpang pesawat terdiri dari 66 delegasi dan 25 kru pesawat.

Kemudian pada pukul 16.00 wita, Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim mendarat di Bandar Udara Komodo dengan pesawat Jet Premier One (M) Sdn.Bhd. Jumlah penumpang tercatat 18 orang, terdiri dari 10 delegasi dan 8 kru pesawat.

Berlanjut sekitar pukul 16.32 wita, pesawat Lao Airlines yang ditumpangi Perdana Menteri Laos, Sonexay Siphandone tiba di Bandar Udara Komodo. Keseluruhan penumpang terdiri dari 23 delegasi termasuk Perdana Menteri dan 16 kru pesawat.

Pada pukul 17.16 wita, Phillippine Airlines yang mengangkut Presiden Filipina, Bongbong Marcos tiba dengan total penumpang 71 orang, terdiri dari 53 delegasi dan 18 kru pesawat.

Terakhir, sebuah jet pribadi dari Singapura mendarat sekitar pukul 18.07 wita dengan jumlah penumpang 17 orang, yang terdiri dari 13 delegasi termasuk Perdana Menteri Singapura, Lee Hsien Loong dan 4 kru pesawat. (humas/rin/ito)

  • Bagikan