Daftarkan Bacaleg ke KPU, Yeskiel Loudoe Targetkan 8 Kursi DPRD

  • Bagikan
BACALEG. Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kupang Yeskiel Loudoe, S.Sos didampingi pengurus saat mendaftar bacaleg di KPU Kota Kupang, Kamis (11/5). (FOTO: ISTIMEWA).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Ratusan simpatisan dan kader PDI Perjuangan Kota Kupang mendaftarkan 40 orang Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Kota Kupang ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang, Kamis (11/5).

Pendaftaran dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kupang Yeskiel Loudoe,S.Sos didamping Sekretaris Nikolaus Fransiskus,S.IP dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) PDI Perjuangan kota Kupang Vicky Dimu Heo serta jajaran pengurus DPC, PAC, Ranting dan Anak Ranting.

Nampak hadir pula anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Kupang, Adrianus Talli, Dominika W. Bethan dan Barce Bastian.

Iring-iringan rombongan DPC PDI Perjuangan dimulai dari Kantor DPC PDI Perjuangan Kota Kupang di jalan Bintang Kota Baru dan tiba di Kantor KPU Kota Kupang tepat jam 10.00 WITA.

Rombongan diterima Ketua KPU Kota Kupang Decky Ballo, Ketua Devisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu Ismael Manoe dan jajaran Komisioner KPU Kota Kupang serta staf sekretariat.

Acara kemudian diawali dengan sepatah kata dari Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kupang, Yeskiel Loudoe,S.Sos, sambutan dan ucapan selamat datang dari Ketua KPU Kota Kupang Decky Ballo dan dilanjutkan dengan penyerahan berkas pencalegan dari Ketua Bappilu kepada KPU Kota Kupang.

Ketua KPU Kota Kupang Decky Ballo saat itu mengucapkan selamat datang kepada Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kupang dan rombongan yang memilih untuk mendaftakan bacaleg tepat waktu.

Dijelaskan sejak pembukaan pendaftaran Bacaleg Kota Kupang hingga hari ini baru 3 parpol yang mendaftarkan diri. “Sudah 4 hari buka dan baru 3 Parpol yang mendaftarkan diri. PDI Perjuangan merupakan partai ketiga yang mendaftarkan diri pada hari ini," kata Decky.

Usai diteliti dan diverifikasi tim teknis KPU Kota Kupang, semua berkas pendaftaran Bacaleg dari PDI Perjuangan Kota Kupang dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat.

Kepada wartawan usai pendaftaran di stage media, Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kupang Yeskiel Loudoe,S.Sos mengatakan sangat berterima kasih karena dapat mendaftarkan bacaleg PDI Perjuangan Kota Kupang secara serentak tepat waktu yakni di jam 10.00 WITA sesuai arahan DPP PDI Perjuangan.

Yeskiel yang adalah Ketua DPRD Kota Kupang itu mengucapkan terima kasih kepada Ketua dan jajaran KPU Kota Kupang telah menerima, melakukan verifikasi dokumen dan menyatakan semua syarat pencalonan yang diajukan DPC PDI Perjuangan Kota Kupang dinyatakan lengkap.

Terima kasih juga disampaikan kepada Ketua dan jajaran Bawaslu Kota Kupang yang telah melakukan tugas pengawasan dengan baik selama proses pendaftaran.

Selanjutnya kata dia, pihaknya akan mengikuti mekanisme baku yang ada dan siap bersama-sama bekerja, gotong royong untuk menyukseskan pesta demokrasi tahun ini.

Terkait target peroleh kursi di DPRD Kota Kupang dari PDI Perjuangan, Yeskiel mengatakan pihaknya sudah melakukan kalkulasi secara optimal dan menargetkan 8 kursi di DPRD Kota Kupang.

“Ya sebanyak mungkin namun kita sudah kalkulasi realistis, target minimal 8 kursi dengan pertimbangan dapat memenui syarat minimal untuk pengajuan calon di Pilwalkot Kupang, katanya.

Mengenakan Pakaian Adat Lintas Etnis

Terkait pilihan mengenakan pakaian adat lintas etnis saat pendafataran Bacaleg Kota Kupang ke kantor KPU Kupang, Yeskiel mengatakan sudah sesuai arahan DPP PDI Perjuangan Kota Kupang agar semua kader partai menghormati kekayaan seni budaya dan tradisi masyrakat Indonesia sesua Trisakti Bung Karno yakni berkepribadian dibidang budaya.

Adapun setelah prosesi pendaftaran, semua kader dan simpatisan melakukan atraksi dan selebrasi tarian adat lintas etnis didepan kantor KPU Kota Kupang.

Untuk diketahui, Kamis 11 Mei 2023, PDI Perjuangan secara serentak nasional melakukan proses pendaftaran Bacaleg ditingkat pusat, provinsi dan kabupaten/kota ke kantor KPU/KPUD ditemapt masing-masing tepat jam 10.00 Wita. (*/r3)

  • Bagikan