Syarat Lengkap, Golkar Kota Kupang Siap Rebut 8 Kursi di 5 Dapil

  • Bagikan
SERAHKAN BERITA ACARA. Ketua KPU Kota Kupang, Deky Balo (kanan) menyerahkan berita acara pemeriksaan dan penelitian berkas Bacaleg Partai Golkar kepada Ketua DPD II Partai Golkar Kota Kupang, Jonas Salean, saat pendaftaran Sabtu (13/5). (FOTO: ISTIMEWA)

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang menyatakan bahwa semua persyaratan pengajuan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) Partai Golkar Kota Kupang dinyatakan lengkap dan memenuhi syarat untuk ikut dalam Pemilihan Umum (Pemilu) pada 14 Februari 2024 mendatang.

Pendaftaran dan penelitian berkas Bacaleg Partai Golkar Kota Kupang berlangsung di Kantor KPU Kota Kupang, Sabtu (13/5).

Ketua DPD II Partai Golkar Kota Kupang Jonas Salean, SH, M.Si dan rombongan yang terdiri dari Bacaleg dan para pimpinan Golkar di 51 kelurahan se-Kota Kupang tiba di kantor KPU Kota Kupang sekitar pukul 10.00 Wita.

Jonas dan rombongannya diterima Ketua KPU Kota Kupang, Deky Balo dan empat orang komisioner lainnya. Hadir pula perwakilan dari Bawaslu Kota Kupang.

Setelah melakukan penelitian berkas para Bacaleg sekitar 30 menit, Komisioner KPU Kota Kupang mengumumkan jika semua persyaratan para Caleg yang diajukan Partai Golkar Kota Kupang termasuk keterwakilan perempuan dinyatakan lengkap dan memenuhi persyaratan.

Sekretaris DPD II Partai Golkar Kota Kupang, Melky Nono, menyebutkan, pihaknya mengajukan 40 orang Bacaleg untuk merebut 40 kursi DPRD Kota Kupang. Ke-40 Bacaleg tersebut akan tersebar di 5 Daerah Pemilihan (Dapil), yakni Dapil Oebobo, Kelapa Lima, Kota Lama - Kota Raja, Maulafa, dan Dapil Alak.

Ketua DPD II Partai Golkar Kota, Kupang Jonas Salean, SH., M.Si dalam menyampaikan terimakasih kepada KPU Kota Kupang yang telah meneliti dan menerima berkas para Caleg Partai Golkar yang diajukan.

Selanjutnya, bakal Caleg DPRD NTT Dapil Kota Kupang ini mengatakan, Golkar Kota Kupang siap merebut delapan kursi DPRD Kota Kupang yang tersebar di lima daerah pemilihan (Dapil) se-Kota Kupang.

Target tersebut, kata Jonas, sangat beralasan karena Caleg yang disodorkan ke masyarakat memiliki kualitas baik dan telah disiapkan sejak dua tahun lalu.

"Kami targetkan 8 kursi atau 50 ribu suara Partai Golkar di Kota Kupang. Kami yakin karena Caleg kami berkualitas dan sudah disiapkan sejak dua tahun lalu dan mereka sudah bekerja keras selama dua tahun," kata Ketua Komisi III DPRD NTT ini.

Jonas optimistis target tersebut akan tercapai. Pasalnya, selain 40 bacalegnya sudah bekerja melakukan pendekatan kepada masyarakat, ia juga mengakui bahwa banyak sesepuh Partai Golkar di Kota Kupang yang memiliki perhatian besar terhadap partai yang dipimpin Airlangga Hartarto di tingkat pusat tersebut.

"Kita juga melakukan pendekatan dengan kaum mileneal di Kota ini apalagi ada caleg kita dari kalangan mileneal. Selanjutnya kerja keras para pimpinan kelurahan sangat luar biasa karena merekalah ujung tombak yang akan mengawal suara partai Golkar nantinya," demikian kata Jonas optimistis.

Menurutnya, dengan target delapan kursi dimaksud, akan memudahkan Partai Golkar Kota Kupang dalam mengusung paketnya di pemilihan wali kota 2024 mendatang. "Sehinggga pada saat pencalonan wali kota nanti, kita sudah memiliki kursi sendiri,," ujarnya.

Partai Golkar Kota Kupang, demikian Jonas, saat ini hanya memiliki 4 wakil di DPRD Kota Kupang. Mereka adalah Zeyto Ratuarat dari Dapil Kelapa Lima, Telendmark Daud (Dapil Oeboo), Alfred Djamiwila (Dapil Alak), dan Jemati Yoseph Dogon (Dapil Maulafa).

Sedangkan untuk Pilkada Kota Kupang nanti, Partai Golkar siap mengusung kembali Jonas Salean untuk bertarung pada tahun 2024 mendatang. Jonas Salean sendiri menyatakan kesiapannya untuk kembali maju dan telah melamar Ketua Ikatan Keluarga Besar Manggarai Raya (IKBR) Kota Kupang Aloysius Sukardan, SH., MH sebagai calon pendampingnya. (yl/aln)

  • Bagikan