Sembilan Warga TTS Terinfeksi Rabies, Satu Meninggal

  • Bagikan
RABIES. Tampak petugas sedang melakukan penanganan penyakit rabies di salah satu rumah korban di Desa Fenun, Kecamatan Amanatun Selatan, Kabupaten TTS, Senin (29/5). (FOTO: ISTIMEWA).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Sebanyak sembilan Warga di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) terinfeksi virus rabies akibat gigitan anjing. Dari sembilan korban tersebut satu orang dinyatakan meninggal dunia.

Hal tersebut dibenarkan Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun ketika dikonfirmasi, Senin (29/5).

Terdapat 10 orang yang menjadi korban akibat digigit anjing yang terinfeksi rabies dan terkonfirmasi positif rabies. 

"Benar ditemukan kasus rabies, sudah ada sepuluh orang yang terkonfirmasi positif," katanya.

Menurut Egusem 10 warga TTS yang terinfeksi rabies tersebut adalah warga Desa Fenun, Kecamatan Amanatun Selatan. 

Egusem menyampaikan dari sepuluh warga yang terinfeksi, ada satu orang yang meninggal dunia. "Terdapat 1 korban meninggal," ungkap orang nomor satu di TTS itu. 

Egusem menjelaskan, kasus rabies di Kabupaten TTS tersebut dilaporkan sejak minggu lalu. Dan belum ada informasi terbaru dari petugas Dinas Peternakan yang telah ditugaskan untuk melakukan deteksi di Desa Fenun. 

Egusem juga belum menjelaskan tentang nasib dari sembilan warga Desa Fenun lainnya yang dinyatakan terinfeksi rabies. "Kadis Peternakan sementara dilapangan jadi besok baru tau informasinya," ungkapnya. 

Sebelumnya, kasus rabies mulai terindentifikasi di wilayah tersebut melalui hasil pengujian sampel oleh Balai Besar Veteriner Denpasar, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian yang diterima, Sabtu (27/5).

Melalui surat 2751/PK.310/F.4.D/05/2023 tertanggal 28 Mei 2023, menerangkan bahwa korban gigitan anjing berinisial P (60). Ia digigit anjing pada bagian tangan kanan dekat ibu jari. Dalam keterangan surat itu bahwa kejadian pada tanggal 18 Mei 2023.

Surat yang ditandatangani Kepala Balai, drh. I Ketut Wirata itu menunjukan hasil uji rebies dengan diagnosa rebies positif. (r3)

  • Bagikan