Perdalam Kemampuan JCH dengan Manasik Haji

  • Bagikan
MANASIK HAJI. Tampak JCH Kota Kupang, sementara mengikuti Manasik Haji, yang berlangsung di Gedung Serbaguna IKM, Kelurahan Oebufu, Selasa (30/5). (FOTO: MRAN LIARIAN/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Perdalam kemampuan Jemaah Calon Haji (JCH) Kota Kupang, Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Kupang menggelar Manasik Haji.

Kegiatan berpusat di Gedung Serbaguna Ikatan Keluarga Minang (IKM), Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang, Selasa (30/5).

Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Kupang, Drs. H. Hudayanur, menjelaskan bahwa dalam kegiatan Manasik Haji ini ada tiga poin yang dibahas.

Pertama, kesehatan penerbangan yang dibahas oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kupang. Kedua, tugas dan fungsi Ketua Regu dan Ketua Rombongan dan materi ketiga, soal problematika dan pendalaman soal pengetahuan soal Manasik Haji yang didalamnya termasuk melaksanakan ibadah haji selama di Makkah.

"Kita sudah laksanakan praktek di Asrama Haji Kupang mengenai ibadah haji nanti di Makkah," ujarnya.

Kegiatan Manasik Haji ini lebih kepada meningkatkan kemandirian dan ketahanan Jemaah Haji. "Jemaah Haji Kota Kupang adalah barometer jemaah haji seluruh kabupaten di NTT sehingga harus menjadi contoh yang baik," jelasnya.

Setelah Manasik Haji ini maka panitia keberangkatan dan penjemputan jemaah haji yang telah dibentuk akan mengadakan rapat pemantapan tentang keberangkatan dan penjemputan jemaah haji. Ketua Panitia adalah Muksin Masri.

Pada tanggal 5 Juni 2023 ada rapat tingkat Kanwil Kemenag NTT dan tanggal 6 Juni 2023 membangun koordinasi dengan Pemerintah Daerah.

Terkait keberangkatan Jemaah Haji pada tanggal 14 Juni 2023 menggunakan pesawat Lion Air dan Citylink. Tiba di Embarkasi Surabaya kemudian Jemaah Haji dibawa ke Asrama Haji Surabaya, lalu pada tanggal 15 Juni 2023, Jemaah Haji berangkat menuju ke Makkah.

"Dalam waktu dekat saya akan merilis lengkap jumlah JCH untuk disampaikan ke Pemerintah Daerah," ungkapnya.

Tujuan Manasik Haji ini agar jemaah haji dapat memahami secara baik. Yang tak kalah pentingnya adalah kesehatan jemaah haji agar dijaga dengan baik sehingga tetap prima selama menunaikan ibadah di tanah suci Makkah. Diharapkan jemaah haji tetap kompak dan menjaga kebersamaan. (r1)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan