Harga Lama dan Bersubsidi, REI Target 125 Rumah Terjual

  • Bagikan
BUKA EXPO. Ketua DPD REI NTT Bobby Pitoby bersama anggota REI lainnya, resmi membuka BREILIAN EXPO di Lippo Plaza Kupang, Jumat (2/6). (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Real Estat Indonesia (REI) Provinsi NTT melaksanakan BREILIAN Expo Tahun 2023 di Lippo Plaza Kupang. Expo kali ini akan digelar selama 11 hari kedepan, terhitung tanggal 2-11 Juni 2023.

Kesempatan langkah ini, tak boleh terlewatkan bagi masyarakat Kota Kupang yang belum memiliki rumah atau ingin mendapatkan rumah. Expo kali ini tetap menggunakan harga lama dan bersubsidi.

BREILIAN Expo kerja sama REI NTT dan Bank BRI ini, diikuti 16 developer di 34 lokasi yang tersebar di seluruh Provinsi NTT. Kerja sama REI NTT dan BRI untuk ke dua kalinya ini, juga ada undian dengan hadiah dan UMKM binaan BRI.

BREILIAN EXPO 2023 ditargetkan bisa menjual 125 unit atau Rp 25 miliar. Untuk diketahui, pembukaan BREILIAN Expo sudah ada 4 unit rumah yang terjual.

Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby mengatakan, saat ini REI NTT beranggotakan 86 perusahaan. Di NTT sendiri masih didominasi oleh rumah subsidi. Kegiatan ini merupakan ke dua Expo REI NTT bersama BRI. Untuk diketahui, Expo perumahan BRI pertama dilakukan di NTT, dari semua provinsi di Indonesia.

Dia mengatakan, momen BREILIAN Expo ke dua bersama BRI Ini, diharapkan dapat membantu merumahkan masyarakat dan mengurangi angka rumah tidak layak huni.

"Tantangan kita untuk menghadirkan rumah layak huni di NTT masih sangat besar lagi, karena itu kita mengharapkan dukungan dari BRI dan juga developer untuk lebih bergairah untuk membangun daerah, kalau bukan kita siapa lagi," katanya.

Bobby menjelaskan, pembangunan di NTT tidak merata, dari 22 kabupaten kota di NTT, konsentrasinya masih di Kota Kupang sebesar 70 persen, dan hanya 30 persen saja yang tersebar di kabupaten lain.

Dia mengajak kontraktor lokal untuk mau menjadi Developer dan membangun rumah, supaya bisa membangun daerah masing-masing. REI NTT Masih beranggotakan 86 perusahaan saat ini.

"Kami masih menjual rumah dengan harga yang sama, sehingga diharapkan masyarakat yang ingin memiliki rumah bisa memanfaatkan kesempatan ini karena ini merupakan kesempatan terakhir mendapatkan rumah dengan harga lama atau Rp 168 juta," katanya.

"Karena informasi yang didapat dari pemerintah pusat atau kementerian penetapan harga baru akan diterapkan pada Agustus nanti," tambahnya.

Dia mengatakan, kalau ingin membeli rumah maka gunakan kesempatan ini untuk mendapatkan rumah dengan harga lama, cukup dengan uang muka 1 persen atau Rp 1.680.000 dengan berbagai kemudahan dari masing-masing developer.

Bobby menjelaskan, dalam Expo BREILIAN 2023 ini akan ada akad masal, setiap penjualan yang dilakukan di expo akan dilakukan akad massal pada saat expo.

Regional Costumer Banking Head BRI Denpasar, Kholis Syafroni, mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk BRI untuk REI, untuk mensupport pembelian perumahan khususnya rumah subsidi.

"Diharapkan dengan adanya Expo ini, masyarakat bisa terbantu untuk mendapatkan edukasi tentang perumahan dan bisa mendapatkan rumah, misalnya rumah subsidi dengan Rp 168 juta, dengan suku bunga per tahunnya hanya 6 persen akan sangat membantu masyarakat," ujarnya.

Dia juga memberikan saran kepada masyarakat untuk datang ke REI apa bila ingin memiliki rumah dengan berbagai kemudahan. "Dari pada kos, lebih baik membeli rumah, selama 15 tahun saja sudah bisa memiliki rumah sendiri," pintanya.

Dia mengatakan, BRI juga menyediakan fasilitas kredit untuk semua cabang di NTT, sehingga BRI siap melayani kredit KPR subsidi. (r2)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan