Karateka Shoto-Kai Raih Tiket PON Aceh-Sumut

  • Bagikan
UKIR SEJARAH. Tim kata beregu putri, Maria Yosefina Dengor, Chandra M. Djadur, Yohana Tora Kalanda Lobo bersama pelatihnya, Joktan Taneo usai memastikan meraih medali perunggu dan lolos ke PON XXI/2024 di GOR Ruddy Resnawan Banjarbaru, Kalsel, Jumat (25/8). (FOTO: ISTIMEWA).

Pra PON Cabor Karate di Banjarbaru Kalsel

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Tim Karate FORKI NTT, memastikan dua tiket ke PON XXI/2024 Aceh-Sumut, melalui babak Pra Kualifikasi POIN yang dilangsungkan di Banjarbaru-Kalimantan Selatan.

Pada hari pertama pertandingan yang dilangsungkan di GOR Ruddy Resnawan, Jumat (25/8) kemarin ini, Karateka NTT turun bertanding di tiga nomor, yakni kata beregu putra, kata beregu putri dan kumite perorangan putra-84.

Dari tiga nomor tading tersebut, NTT berhasil meraih dua tiket lolos PON XXI/2024 Aceh-Sumut, yakni dari nomor kata beregu putri dan kumite perorangan putra-84. Sedangkan kata beregu putra gagal.

"Untuk kata beregu putri, tiga karateka Shoto-Kai yang memperkuat konting

en NTT, yakni Maria Yosefina Dengor, Chandra M. Djadur dan Yohana Tora Kalanda Lobo, mampu memberikan penampilan yang prima dan mereka lolos ke PON sebagai peringkat tiga dan berhak atas medali perunggu," kata Pelatih NTT, Joktan Taneo.

Keberhasilan kata beregu putri meraih medali perunggu, boleh dikatakan menjadi catatan sejarah tersendiri bagi NTT, apalagi dalam perebutan medali perunggu lanjut Joktan, kata beregu putri NTT sukses mengalahkan tim tangguh DKI Jakarta.

"Untuk diketahui, pada Pra Kualifikasi PON tahun ini, peringkat 1-10 berhak atas tiket PON. Dan untuk kata beregu, peringkat satu diraih Jabar dan peringkat kedua milik Sulsel," terangnya.

Sementara itu, dari nomor kumite perorangan putra-84, atlet asal perguruan KKI NTT, Maldo Yupiter Leni juga sukses mengamankan tiket ke PON lewat perjuangan panjang dan sengit.

Maldo menurutnya lolos setelah berjuang keras meraih peringkat 10 di kelas-84. Dan kerja keras Maldo terbayar lunas dengan meraih tiket ke PON Aceh-Sumut.

Hari ini, Sabtu (26/8) karatekan NTT kembali bertanding di nomor kata perorangan putra-putri serta kumite perorangan putra-75 dan kumite perorangan putri +68kg.

Untuk kata perorangan dua karateka asal Shoto Kai akan tampil yakni Mari Yosefina Dengor dan Christoforus Yovan Bruno. Di nomor Kumite Perorang Putri, atlet INKAI, Sofia Stefan Erap akan turun bertanding, dan Richard A.B.G Naibobe bertanding di nomor Kumite-75kg putra.

"Kita harapkan dukungan dan doa masyarakat NTT, sehingga perjuangan para karateka kita hari ini bisa membuahkan hasil," harap Kabid Binpres FORKI NTT, Darmawan. (rum)

Editor: Intho Herison Tihu

  • Bagikan