UPJ Gelar Talkshow Education 4.0 dan Society 5.0

  • Bagikan
Rektor Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), Ir. Yudi Samyudia, Ph.D saat berbicara dalam Talkshow Education 4.0 dan Society 5.0 Untuk Para Guru SMA se-Tangsel. (UPJ untuk JawaPos.com)

Untuk Para Guru SMA se-Tangsel

JAKARTA,TIMEX.FAJAR.CO.ID--Menghadapi era Education 4.0 dan Society 5.0, institusi pendidikan tinggi perlu membekali para pengajar maupun peserta ajar untuk menjadi individu yang berkompeten, kreatif, serta berdaya saing tinggi.

Universitas Pembangunan Jaya atau yang biasa disingkat UPJ, bersama para guru SMA se-kota Tangerang Selatan menggelar talkshow bertajuk “Trends That Drive Education 4.0 and Society 5.0” pada Rabu, 31 Januari 2024 di Aula Kampus UPJ, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan.

Acara talkshow digelar UPJ sebagai bagian dari upaya mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan. Di acara ini, mulai dari rektor serta para dekan fakultas membagikan berbagai ilmu serta pengalaman kepada para guru yang mengikuti diskusi serta tanya jawab bersama pemateri.

Rektor UPJ, Ir. Yudi Samyudia, Ph.D., mengatakan bahwa, dalam menghadapi dunia yang diliputi ketidakpastian, mahasiswa perlu beradaptasi dengan perubahan yang cepat melalui digitalisasi dari segi pembelajaran.

“Mahasiswa harus terus didorong untuk learn how to learn yang berarti mahasiswa perlu mempelajari sesuatu yang baru di masa mendatang”, ujarnya dalam pemaparannya, Rabu (31/1).

Dalam pemaparannya, Yudi juga menyampaikan bahwa pendidikan yang baik adalah pendidikan yang inklusif dan juga accessible. Pendidikan harus dapat dijangkau oleh semua kalangan masyarakat di mana mahasiswa juga dapat belajar dari real life problem yang ada di sekitar mereka. Oleh karena itu, Yudi mengimbau bahwa guru juga perlu menjadi coach bagi para siswa nya, tidak hanya memberikan instruksi pada saat mengajar.

Pemaparan materi kemudian diikuti oleh dekan dari kedua fakultas di lingkungan Universitas Pembangunan Jaya, yakni Fakultas Humaniora dan Bisnis yang diwakili oleh Clara Evi C. Citraningtyas, M.A., Ph.D. dan Fakultas Teknologi dan Desain yang diwakili oleh Danto Sukmajati, M.Sc., Ph.D.

Kedua petinggi fakultas tersebut menyampaikan keunggulan dari badan masing-masing, terutama dari segi keterlibatan dan peran mahasiswa dalam turut mengembangkan keterampilan dan teknologi.

“Mahasiswa saat ini juga dapat mengakses kelas dari universitas di luar negeri secara daring melalui kerjasama dengan Coursera”, ujarnya terkait keterbukaan mahasiswa dalam proses pembelajaran.

Kegiatan talkshow ditutup dengan sesi tanya jawab dan penugasan para guru untuk mengidentifikasi langkah apa yang telah diupayakan serta rencana untuk mendukung Education 4.0 dan Society 5.0 di lingkungan sekolah masing-masing.

Para pimpinan UPJ yang diwakili oleh Rektor dan Dekan juga memberikan hadiah berupa uang tunai kepada para guru yang memenangkan Kompetisi Menulis Esai. Penyelenggaraan acara ini juga turut serta didukung oleh RS Cinta Kasih, Tangerang Selatan, dan Brand Kosmetik MS Glow. (jpc/thi)

  • Bagikan

Exit mobile version