Pohon Pisang dengan Tandan Dua Meter Tumbuh di Batu Karang,pemilik Kaget dan Tidak Tahu Jenis Pisang Apa

  • Bagikan
IMRAN LIARIAN/TIMEX TANDAN PISANG. Tandan pohon pisang dengan tandan sekira dua meter yang tumbuh di halaman rumah Kaleb Kekado di RT 05/RW 02, Kelurahan Liliba, Minggu (18/2)

Tanaman pisang merupakan salah satu dari jenis buah-buahan tumbuhan herba. Tanaman pisang ini ada banyak jenis dan besaran buahnya pun berbeda-beda.

IMRAN LIARIAN, Kupang_

DI Kota Kupang ada warga yang membudidaya tanaman pisang. Namun , ada satu tanaman pisang yang tumbuh di batu karang, tepatnya di halaman rumah warga dengan panjang tandan sekira 2 meter.

Keunikan ini pun menjadi perhatian warga. Pasalnya, tandan pisang itu terbilang unik. Warga yang datang melihat tandan pisang mengambil video menggunakan handphone mereka.

Fakta unik ini ada di halaman rumah Kaleb Kekado, 33, warga RT 05/RW 02, Kelurahan Liliba, Kecamatan Oebobo, Kota Kupang. Karena panjangnya tandan pisang itu sehingga pohon pisang hampir tumbang. Namun, batang pisang itu diganjar dengan sebatang kayu sebagai penopang pohon pisang tersebut.

Pohon pisang itu setinggi sekira orang dewasa. Di samping pohon pisang itu juga tumbuh empat anakan pisang dengan dedaunan hijau yang menandakan kesuburan tanaman pohon pisang tersebut.

Buah pisang yang keluar dari batang tandan itu ukurannya kecil, tapi padat. Jarak antara sisir buah pisang dengan lainnya juga sangat rapat. Memang, belum bisa dipanen karena buahnya masih mentah. Kendati demikian, tandan pisang itu sangat panjang sehingga menjadi perhatian warga sekitar.

"Saya tidak tahu nama jenis pisang ini apa," jelas Kaleb Kekado, selaku pemilik pohon pisang tersebut saat ditemui dikediamannya, Minggu (18/2).

Pria 33 tahun itu mengaku mengambil anakan pohon pisang dari rekannya di Kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kota Kupang, sekira Oktober tahun 2023.

"Waktu itu saya ambil itu sempat diceritakan kalau tandan pisang ini panjang bisa sampai 4 sampai 5 meter," ungkapnya.

Berdasarkan cerita itu, maka ia sangat bersemangat dan tertarik untuk menanam pohon pisang tersebut.

"Saya pun coba-coba untuk tanam saja. Buah dan tandan pisang panjang begini baru pertama kali ," ujarnya.

Proses penyiraman, dia lakukan rutin setiap hari. Daun pisang semakin hari semakin membesar.

"Pisang ini tumbuh di batu karang. Saya juga kaget bisa tumbuh tandan panjang begini," ujarnya.

Uniknya tandan pisang ini sudah sempat viral di media sosial TikTok dan WhatsApp.

"Saya lihat sudah ada yang bagikan ke TikTok dan komentar beragam," pungkasnya. (*/gat)

  • Bagikan