Siapkan Karir Masa Depan Lulusan

  • Bagikan
IST. KARIR. Suasana Unwira Career Days, Rabu (28/2).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang menyelenggarakan Unwira Career Days 2024 pada, Rabu (28/2) di Aula Sta. Maria Immaculata, Kampus Penfui.

Kegiatan yang dilakukan setiap kali sebelum perayaan wisuda ini melibatkan para calon wisudawan/ti serta 17 mitra Unwira dengan mengangkat tema “Embracing Diversity in Careers, Unlocking Opportunities, Celebrating Differences”.

Rektor Unwira, Pater Philipis Tule ketika membuka kegiatan tersebut menyampaikan, Career Days atau Hari Karir adalah salah satu bentuk pelaksanaan pendidikan karier dan bimbingan karier di perguruan tinggi.

Menurutnya, Hari Karir pada hakekatnya merupakan program pemberian informasi mengenai karier di mana kegiatan tersebut membahas tentang peluang dan cara memperoleh ataupun menciptakannya.

“Data Unwira menunjukkan bahwa lebih dari 50 persen lulusan Unwira harus menunggu lebih dari setahun untuk mendapatkan pekerjaan. Mengapa? Karena kompetensi lulusan belum memenuhi kebutuhan kerja. Karena itu, peran Lembaga Pendidikan menjadi sangat penting dalam membantu mahasiswa/i untuk menemukan minat dan bakat serta lebih jauh menyiapkan jenis karier untuk masa depan mereka sedini mungkin,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Philipus menekankan tentang bagaimana Hari Karir menjadi kesempatan terbaik bagi calon wisudawan/ti dan alumni untuk mengembangkan soft skill-nya.

“Di tempat dan kesempatan seperti inilah sesungguhnya dikembangkan lebih banyak soft skils para calon wisudawan/ti dan alumni, seperti mengasah keterampilan, kompetensi, kreativitas, kemampuan problem solving, adaptive, kreatif dalam menciptakan kerja di masyarakat pedesaan atau yang lazim disebut village innovation. Calon lulusan mendapat wawasan dan peluang serta kesiapan menghadapi tantangan dunia kerja, mendapat informasi lowongan kerja, peluang beasiswa (scholarship) dari mancanegara”, jelasnya.

Tak sebatas itu, Rektor yang menjabat sejak 2017 silam ini juga mengapresiasi Kantor Kerja Sama dan Pusat Karier (KSPK) yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut dan kepada 17 mitra UNWIRA yang telah membuka stannya. (cr1/thi)

  • Bagikan