RSUD Johannes Kini Layani Kateterisasi Jantung

  • Bagikan
RESTI SELI/TIMEX PERESMIAN. Para pimpinan rumah sakit bersama mitra dan Pemprov NTT pose bersama di sela peresmian layanan kateterisasi jantung di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Sabtu (9/3).

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang kini resmi memiliki layanan kateterisasi jantung. Hal itu ditandai dengan digelarnya kegiatan Proctorship Intervensi Non Bedah oleh Kementerian Kesehatan dan Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita (RSJPDHK) sekaligus peresmian pelayanan kateterisasi jantung di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, Sabtu (9/3).

Direktur RSJPDHK, dr. Muhadi mengatakan, langkah ini merupakan capaian luar biasa bagi pelayanan jantung untuk masyarakat NTT. Dengan adanya pelayanan katerisasi jantung ini maka tentunya pelayanan kesehatan di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupanh akan semakin berkembang. Muhadi menyebut, tidak hanya intervensi koroner, tetapi juga layanan bedah jantung terbuka.

"Semoga apa yang sudah dikerjakan ini bekerja sama dengan kami sebagai pengampu utama jejaring kardiovaskuler dan pembuluh darah bisa melaksanakan kegiatan-kegiatan kedepan dengan lebih banyak volumenya dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya," ujarnya.

Lanjutnya, RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes ini sudah dipersiapkan untuk menjadi layanan strata utama layanan jantung dan pembuluh darah. Sehingga, mampu melaksanakan tidak hanya kateterisasi jantung, tetapi juga bedah jantung terbuka untuk penyakit jantung koroner.

"Kementerian Kesehatan juga berupaya untuk tidak saja memenuhi infrastruktur tapi juga SDM yang akan ditempatkan diberikan pelatihan untuk menunjang pelayanan tersebut. Kerja sama ini sebagai pembina, nanti RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes akan secara mandiri melaksanakan kegiatan tersebut. Entah itu intervensi kateterisasi maupun bedah jantung terbuka. Jadi, ini kegiatan yang akan berlangsung terus," terangnya.

"Kita tidak hanya melatih dokter, tetapi juga perawat, teknisi dan akan terus berkembang," tambahnya.

Direktur RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang, dr. Mindo E. Sinaga mengatakan, saat ini RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes sedang mengembangkan untuk bedah jantung terbuka, dirinya berharap tahun depan sudah bisa terlaksana. Untuk kateterisasi jantung ini pun telah berjalan.

"Kita berharap masyarakat NTT yang menginginkan pelayanan ini bisa kita layani dengan baik dan cepat, tentu pola hidup juga harus diperhatikan. Adapun layanan lainnya di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes yang akan terus dikembangkan dari waktu ke waktu, didukung dengan SDM yang baik," katanya.

Dirinya juga mengatakan, layanan kateterisasi jantung ini sudah diakomodir oleh BPJS Kesehatan. Karena itu, ia menghimbau agar seluruh masyarakat NTT dapat mengurus kepesertaan JKN nya apabila membutuhkan pelayanan kateterisasi tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Ruth Laiskodat menyampaikan, dengan sarana prasarana yang dimiliki, maka masyarakat tidak perlu dirujuk ke luar NTT apabila membutuhkan layanan kateterisasi itu.

"Sudah bisa dilakukan tindakan oleh para dokter konsultan jantung di RS ini. Ini pun juga membuat terjadi peningkatan dan harapan hidup bagi pasien yang mengalami gangguan jantung dan pastinya dicover oleh BPJS Kesehatan," tutupnya. (cr1/gat)

  • Bagikan