Beri Rasa Aman dan Nyaman bagi Masyarakat

  • Bagikan
INTHO HERISON TIHU/TIMEX LATPRAOPS. Irwasda Polda NTT, Kombes Pol. I Made Sunarta saat membuka latihan praoperasi di Rupatama Mapolda NTT, Selasa (19/3).

Jelang Semana Santa, Polda NTT Gelar Latpraops

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Perayaan Semana Santa 2024 sebentar lagi akan digelar. Karena itu, Polda NTT telah menggelar latihan pra operasi (Latpraops). Latpraops Semana Santa ini digelar di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Mapolda NTT, Selasa (19/3).

Latpraops ini dibuka oleh Irwasda Polda NTT, Kombes Pol. I Made Sunarta sekaligus memberikan arahan kepada para peserta yang hadir. Dalam arahannya, Kombes Pol. I Made Sunarta mengungkapkan bahwa tujuan dari latihan itu agar meningkatkan keterampilan, kemampuan dan kesamaan pola pikir personel yang terlibat dalam operasi tersebut.

Dikatakan, latihan ini selaras dengan tema "Melalui Latihan Pra Operasi Semana Santa Turangga 2024 Kita Tingkatkan Kemampuan Satuan Tugas Pengamanan Melalui Giat Preemtif, Preventif dan Gakkum Guna Mewujudkan Rasa Aman dan Nyaman Bagi Masyarakat yang Merayakan Paskah".

Operasi Semana Santa Turangga 2024 akan dilaksanakan selama 15 hari dan mulai sejak tanggal 20 Maret hingga 3 April mendatang dengan melibatkan 1.134 orang personel di seluruh wilayah Provinsi NTT.

Irwasda Polda NTT menekankan bahwa prosesi Semana Santa merupakan ikon dari Kabupaten Flores Timur dan menjadi daya tarik tersendiri bagi peziarah dan wisatawan, juga sebagai wujud toleransi antarumat beragama di daerah tersebut.

Perayaan ini ditandai dengan meningkatnya aktivitas masyarakat yang tinggi karena perayaan Paskah kali ini bertepatan dengan ibadah puasa serta masih berlangsungnya kegiatan hitung suara Pemilu 2024. Sehingga, operasi ini bertujuan untuk menciptakan kondisi kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.

"Upaya termasuk mencegah terjadinya laka laut dan udara akibat cuaca buruk, mengantisipasi bencana alam, mencegah penistaan agama, mencegah pesta miras, mencegah kebakaran, mencegah penyebaran kebencian, isu SARA dan provokasi melalui media sosial serta mencegah penimbunan sembako/BBM yang bertujuan menciptakan kelangkaan dan kenaikan harga,” katanya.

Irwasda Polda NTT menegaskan bahwa keamanan dan kenyamanan masyarakat dalam perayaan Paskah menentukan stabilitas keamanan harus terjamin, sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Polri.

"Jadi, harus perkuatan petugas Polri di tempat-tempat perayaan Paskah dan harus mampu memberikan rasa aman di hati masyarakat", tegas Kombes Pol. I Made Sunarta.

Dengan dibukanya latihan Pra Operasi Semana Santa Turangga 2024, diharapkan petugas yang terlibat dapat mengemban tugas dengan baik, berkomunikasi dan bekerjasama dengan masyarakat, serta meningkatkan kewaspadaan.

“Operasi ini menjadi bukti nyata komitmen Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, terutama dalam momen penting seperti perayaan agama,” pungkasnya. (cr6/gat)

  • Bagikan