Warga Bello Minta Dirikan SMP

  • Bagikan
IST TANAH PEMPROV. Ketua LPM Kelurahan Bello, Yosep Nubrihas menunjukkan tanah milik Pemprov NTT yang diharapkan bisa dibangun gedung SMP di lokasi tersebut, Senin (29/4)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Sejumlah warga Kelurahan Bello, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang NTT meminta agar Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang segera mendirikan gedung Sekolah Menengah Pertama (SMP) di wilayah tersebut. Pasalnya, selama ini anak-anak di Bello yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang SMP harus menempuh perjalanan yang jauh untuk bisa sampai ke sekolah.

Salah satu warga Kelurahan Bello yang juga Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Yosep Nubrihas, Senin (29/4) mengatakan bahwa sudah sejak lama warga Bello, khususnya di lingkungan Kuankobo mengharapkan kehadiran SMP Negeri agar lebih memudahkan warga menyekolahkan anak-anaknya.

"SMP Negeri ada tetapi jaraknya cukup jauh sekira 3 km sampai 6 km dari rumah," jelasnya.

Bertahun-tahun anak-anak di wilayahnya itu menimba ilmu ke jenjang SMP yang lokasinya di luar Kelurahan Bello. Seperti SMP Negeri 12 Kelurahan Sikumana. Jarak dari rumah ke SMPN 12 sekira 3 km. Selain itu, ada SMP Negeri 13 itu dari rumah jaraknya sekira 5 km.

Kemudian, katanya, SMP Negeri 7 itu jaraknya 4 km. Sementara itu ada tanah milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT di Kelurahan Bello.

Menurutnya, jika ada SMP Negeri di Kelurahan Bello maka masyarakat tak lagi mengeluarkan biaya untuk anak agar bisa pergi ke sekolah di luar dari wilayah Kelurahan Bello.

"Kami harapkan agar Pemkot Kupang bisa membangun SMP," harapnya.

Sementara itu, Ketua RW 03, Kelurahan Bello Goris Takene mengaku sangat mendukung pembangunan gedung SMP di Kelurahan Bello. Pasalnya, dari jumlah populasi penduduk di Kuankobo atau Bello bawah ada 16 RT dan 4 RW.

Letak SMP sangat jauh sehingga terkadang menyulitkan orang tua untuk sekolahkan anak. Selain jarak cukup jauh juga membutuhkan banyak biaya dan waktu.

Sementara, ada tanah milik Pemprov NTT yang luasnya lebih dari satu hektare yang berada di wilayah RT 11/RW 05. Dari segi populasi penduduk memang cukup banyak, belum lagi berbatasan langsung dengan Kelurahan Oepura, Sikumana, Maulafa dan Kolhua sehingga sangat layak dibangun Sekolah.

"Saya mendukung apa yang diminta Ketua LPM Kelurahan Bello agar bisa dibangun SMP di Kelurahan Bello," pungkasnya. (r1/gat)

  • Bagikan