Perempuan Harus Diberi Ruang

  • Bagikan
FENTI ANIN/TIMEX KADER PARTAI. Salah satu kader Partai Gerindra Kota Kupang yakni Maria Magdalena Salouw mendaftarkan diri sebagai balon Wali Kota Kupang di Kantor DPC Gerindra Kota Kupang, Senin (13/5). Caption FENTI ANIN/TIMEX DAFTAR. Cristian Widodo mendaftarkan diri di Partai Gerindra Kota Kupang dan diantar langsung oleh pendukungnya Senin (13/5).

Cristian Widodo dan Merry Salouw Daftar di Gerindra

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Cristian Widodo resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon (Balon) Wali Kota di Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Kupang yang berlatar di Kolhua, Senin (13/5).

Cristian Widodo diantar oleh para kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi NTT, termasuk dari sejumlah Ketua DPD PSI di kabupaten dan kota di NTT. Cristian mendaftarkan diri sebagai balon Wali Kota Kupang periode 2024-2029.

Untuk diketahui, PSI Kota Kupang mendapatkan tiga kursi di legislatif Kota Kupang. Sementara Gerindra memperoleh lima kursi. Dengan demikian, jika kedua partai ini berkoalisi, maka perolehan kursi sudah mencukupi yaitu delapan kursi.

Cristian Widodo mengatakan, saat ke Gerindra, dia merasa seperti berkunjung ke keluarga sendiri. Ia merasa menjadi bagian dari Partai Gerindra. Dia juga mengaku bahwa politik identitas di Kota Kupang tidak berpengaruh lagi karena masyarakat sudah melihat pada kinerja bukan identitas.

"Karana sudah bersama-sama dalam berbagai kegiatan, termasuk saat menjadi bagian dari TKD Prabowo-Gibran, sehingga diharapkan dengan momentum ini menjadi momen untuk meningkatkan keakraban dan kebersamaan," kata Cristian Widodo.

Dia juga mengajak Partai Gerindra untuk berjuang bersama pada kontestasi Pilkada Kota Kupang nanti. Apalagi, Gerindra merupakan partai yang mendapatkan suara terbanyak dan berhasil menjadi Ketua DPRD Kota Kupang.

"Dengan segala kerendahan hati biarlah semua berproses untuk hal yang lebih baik. Tekad saya untuk maju sebagai calon Wali Kota Kupang agar bisa menjadi eksekutor dan membantu masyarakat. Apalagi, dengan pengalaman menjadi anggota DPRD Provinsi NTT, maka saya bertekad untuk duduk di eksekutif," jelasnya.

Dia mengaku siap berproses untuk mengikuti semua mekanisme yang ada di Partai Gerindra.

Sementara itu, Isodorus Lilidjawa mengatakan, momentum ini menjadi catatan bahwa Cristian Widodo diantarkan oleh begitu banyak kader terbaik yang mendukungnya untuk menjadi bakal calon Wali Kota Kupang.

"Untuk eksternal partai, Cristian Widodo merupakan orang ke dua yang datang mendaftar di Gerindra. Sementara untuk internal partai, ada saya sendiri dan Serena Francis," ungkapnya.

Dia mengaku bahwa Gerindra tidak bisa berjalan sendiri karena untuk mengusulkan bakal calon wali kota dan wakil wali kota, tentu membutuhkan koalisi, untuk memenuhi delapan kursi.

Target Gerindra selanjutnya adalah memenangkan Pilkada di Kota Kupang, agar di eksekutif dan legislatif bisa dipegang oleh Gerindra.

Dia menambahkan bahwa terkait dengan koalisi Gerindra dan PSI, belum bisa dipastikan siapa yang akan menjadi calon Wali Kota dan siapa yang akan menjadi Wakil Wali Kota Kupang.

"Perhitungannya menggunakan matematika politik. Jadi, semua hal bisa terjadi, tergantung keputusan DPP," jelasnya.

Sementara itu, pada hari yang sama, Kader Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kota Kupang, Maria Magdalena Salouw secara resmi juga telah mendaftar sebagai balon Wali Kota Kupang di Kantor DPC Partai Gerindra Kota Kupang, Senin (13/5).

Merry Salouw diantar langsung oleh keluarga dan rekannya Richard Odja yang bertarung pada kontestasi Pileg Februari lalu. Dia diterima oleh Sekretaris DPC Gerindra, Isodorus Lilidjawa dan Ketua Bapilu, Nino Sarmento.

Merry Salouw yang memulai karir politiknya di Partai Gerindra ini, mengaku ingin menjadi kader internal yang mendaftar di partai sendiri.

"Semua prosesnya tentu diserahkan kembali ke partai, untuk berproses sesuai mekanisme, dan perempuan pun harus diberikan ruang," jelasnya.

Dia mengatakan, tentang komunikasi politik, sudah dilakukan dengan beberapa partai politik seperti PKB, Demokrat dan partai lainnya.

"Terima kasih kepada Partai Gerindra yang membesarkan saya dan hari ini mengunakan pintu untuk saya. Tanggal ini dipilih karena bertepatan dengan ulang tahun saya dan diharapkan bisa mendapatkan kado spesial dari Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto," ungkapnya.

Tujuan dia mendaftar, kata dia, yaitu ingin membangun Kota Kupang, dengan terlibat langsung dalam eksekutif. Dia mengaku akan taat dengan berbagai proses di Gerindra.

"Di Kota Kupang tidak ada perbedaan, semua sama dan memiliki hak yang sama, harus dibuat lebih romantis dalam berpolitik," kata dia.

Sekretaris DPC Gerindra Kota Kupang, Idodorus Lilidjawa mengatakan, dengan mendaftarnya Merry Salouw, maka sudah ada tiga kader internal yang mendatar.

"Partai ini memprioritaskan partai dan kader untuk masa depan partai, partai harus dihidupi oleh orang-orang internal, jangan lagi pada orang-orang luar. Jadi, kami mendorong agar kader internal bisa maju," jelasnya.

Dia berharap jangan sampai ada figur eksternal yang datang dan ambil kursi di Gerindra untuk mendapatkan pintu menuju Pilkada Kota Kupang, diharapkan agar mengakomodir kader internal.

"Kehadiran Merry Salouw sebagai salah satu kader perempuan di Gerindra, yang setia sampai saat ini, kami berbangga dengan keikutsertaan Merry Salouw," ungkapnya.

Ketua Tidar NTT, Richard Odja mengatakan, rekam jejak Merry Salouw di dunia politik tidak usah diragukan lagi. Merry Salouw memberikan kontribusi besar di Gerindra dan dunia politik pada umumnya.

"Merry Salouw memberikan contoh bahwa dengan disiplin berorganisasi dan dedikasi, dapat membesarkan siapa saja. Saya belajar banyak dari Merry Salouw, dan saya berharap Gerindra bisa memberikan ruang dan akses untuk berproses, termasuk nantinya saat survey," jelasnya.

Anggota DPRD Kota Kupang ini mengatakan bahwa Gerindra mempunyai nilai tawar yang tinggi. Apalagi, untuk mengakses anggaran di pemerintah pusat, sehingga Gerindra menjadi partai yang saat ini banyak dilirik.

"Karena kalau berbicara akses ke pusat, Gerindra mempunyai akses itu. Kami target akan memenangkan Pilkada Kota Kupang, kemarin Gerindra sudah memenangkan legislatif, kalau Gerindra memiliki dua jabatan ini, maka dipastikan Kota Kupang akan sangat istimewa," jelasnya.

Untuk diketahui, Gerindra Kota Kupang tidak memungut biaya pendaftaran, atau gratis, sementara untuk masa pendaftaran akan dibuka sampai tanggal 15 Mei mendatang. (thi/gat)

  • Bagikan