Pastikan Kelancaran, Keadilan dan Integritas Pilkada

  • Bagikan
EFRENDI NABEN/TIMEX POSE BERSAMA. Pj Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay pose bersama Ketua KPU Kota Kupang, Ismaeel Manoe dan jajarannya serta tamu undangan dan para PPK se-Kota Kupang usai dilantik, Kamis (16/5).

KPU Kota Kupang Lantik 30 Orang PPK

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Sebanyak 30 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Kupang resmi dilantik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kupang. Seremonial pelantikan para PPK ini dipimpin Ketua KPU Kota Kupqng, Ismael Manoe, Kamis (16/5) bertempat di Aston Hotel Kupang.

Ke-30 orang PPK ini diambil sumpah dan janji untuk menyukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT serta Pilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kupang tahun 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay, unsur Forkopimda Kota Kupang, para camat se-Kota Kupang dan rohaniawan ikut serta dalam acara pelantikan para PPK ini.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay menegaskan pentingnya momen ini sebagai langkah awal menuju demokrasi Kota Kupang serta untuk memberikan kesempatan kepada warga Kota Kupang untuk menentukan pemilihan calon kepala daerah masa depan.

"Dalam upaya mengambil sumpah janji di setiap kecamatan, saya sebagai Penjabat Wali Kota Kupang mengucapkan salam hangat kepada semua hadirin dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah pada setiap PPK kecamatan se-Kota Kupang yang diadakan hari ini (kemarin, Red). Ini adalah momentum penting yang menandai langkah awal dari proses demokrasi di Kota Kupang," ujar Fahrensy.

Fahrensy Funay juga menyampaikan terima kasih kepada oara anggota PPK atas kesediaannya menerima tanggung jawab besar tersebut. Ia juga tak lupa menekankan pentingnya peran para PPK dalam memastikan kelancaran, keadilan, dan integritas proses pemilihan nantinya.

"Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota PPK atas kesediaannya menerima tanggung jawab penting ini. Tugas dan tanggung jawab ini memiliki arti besar dalam memastikan kelancaran, keadilan dan integritas proses pemilihan. Keberadaan sosial mereka merupakan jaminan bagi kelancaran dan transparansi dalam proses demokrasi yang kita cintai," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Kupang, Ismael Manoe menyatakan kesiapannya untuk menjalankan tugas, tanggung jawab, dan kewenangan yang diberikan sesuai aturan yang berlaku serta memohon dukungan penuh dari pemerintah daerah untuk memastikan kelancaran pemilihan kepala daerah melalui tingkat PPK dan PPS.

Ismael Manoe juga mengatakan, telah melakukan peluncuran tahapan Pilkada Kota Kupang pada 27 April lalu. Ia menyebutkan, dengan diluncurkannya tahapan Pilkada Kota Kupang, maka masyarakat menjadi tahu bahwa saat ini sudah berada pada tahapan Pilkada.

"Kalau hari ini PKK dilantik maka untuk PPS di tingkat kelurahan sementara menjalankan proses itu. Kemarin sudah menyelesaikan tes tulis bagi calon anggota PPS di 51 kelurahan. Mudah-mudahan dengan proses yang kami jalankan saat ini, maka tahapan Pilkada dapat berjalan dengan baik," kata Ismael.

Pada kesempatan itu, Ismael Manoe menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Kupang yang sudah mengalokasikan anggaran Pilkada sebesar Rp 27,5 miliar.

"Pemerintah Kota Kupang sudah mencairkan 100 persen anggaran untuk Pilkada Kota Kupang," katanya.

Pelantikan PPK ini, kata dia, melibatkan 30 orang yang terbagi dalam enam kecamatan di Kota Kupang dengan masing-masing kecamatan terdiri dari lima orang PPK. Para PPK ini akan melaksanakan tugas dalam menyongsong pelaksanaan Pilkada 2024. (cr3/gat)

  • Bagikan