Hadapi Vietnam di My Dinh National Stadium, Hanoi

  • Bagikan
Timnas Indonesia

JAKARTA,TIMEX.FAJAR.CO.ID – Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) kemarin melakukan drawing Piala AFF 2024 di Vietnam. Berdasar hasil drawing, Indonesia tergabung di grup B dan akan bersaing dengan Vietnam, Filipina, Myanmar, serta Laos.

Hasil drawing itu sekaligus membuat Indonesia berhadapan dengan Vietnam dalam tiga ajang berbeda sepanjang 2024. Sebelumnya, Indonesia bertemu Vietnam dalam ajang kualifikasi Piala Dunia 2026 dan Piala Asia 2023 Qatar.

Manajer Tim Nasional Indonesia Kombespol Sumardji yang hadir langsung di Hanoi, Vietnam, dalam proses drawing AFF Cup 2024 berkomentar tentang hasil undian tersebut. Menurut dia, Indonesia sejak awal tidak pilih-pilih lawan. Sehingga, siap berhadapan dengan siapa saja.

’’Menurut saya nggak masalah berada satu grup dengan siapa saja. Kami sedang menuju untuk menjadi yang terbaik di Asia Tenggara,’’ ujar chief operating officer (COO) Bhayangkara Presisi Indonesia FC tersebut.

Namun, di antara lawan-lawan Indonesia, Vietnam akan menjadi lawan yang paling ketat. Terlebih, pertandingan melawan Vietnam akan dimainkan di My Dinh National Stadium, Hanoi (jadwal lengkap lihat grafis).

Tantangan yang dihadapi Indonesia saat berhadapan dengan Vietnam tidak berhenti sampai di situ. Saat ini, kekuatan Vietnam sudah berubah seiring dengan bergantinya kursi kepelatihan dari Philippe Troussier ke Kim Sang-sik. Artinya, pertandingan Vietnam melawan Indonesia akan menjadi duel sesama pelatih Korea Selatan. Shin Tae-yong (STY) versus Kim Sang-sik.

Sebelum era Troussier, Vietnam pernah dilatih pelatih asal Korea Selatan lainnya, Park Hang-seo. Di tangan Park, Vietnam menjadi lawan yang sangat sulit ditaklukkan STY dalam berbagai ajang.

Tapi, melihat kekuatan yang dimiliki Indonesia saat ini, Sumardji optimistis Indonesia bisa meladeni permainan Vietnam. Sama seperti Indonesia yang selalu mengalahkan Vietnam di era Troussier.

’’Kami memiliki catatan bagus atas Vietnam. Menang di Piala Asia 2023 dan kualifikasi Piala Dunia 2026. Jadi, kami optimistis bisa lolos dari fase grup,’’ tegas kepala Badan Tim Nasional (BTN) tersebut. (fiq/c17/ali/jpg/rum)

  • Bagikan

Exit mobile version