Takhta Suci Vatikan Tunjuk Pater Paul Budi Kleden, SVD sebagai Uskup Agung Ende

  • Bagikan
Administrator Keuskupan Agung Ende, RD Yosef Daslan Moang Kabu didampingi sejumlah rohaniawan saat mengumumkan terpilihnya Pater Paulus Budi Kleden, SVD sebagai Uskup Keuskupan Agung Ende pada Sabtu (25/5) sekira pukul 18.00 Wita. (FOTO: ALEXIUS RAJA SEKO/TIMEX)

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Setelah menanti dalam waktu yang cukup panjang sejak kematian mendiang Uskup Mgr. Vincentius Sensi Potokota, Takhta Suci Vatikan akhirnya menetapkan Pater Paul Budi Kleden, SVD sebagai Uskup baru Keuskupan Agung Ende.

Administrator Keuskupan Agung Ende, RD Yosef Daslan Moang Kabu mengumumkan secara resmi terpilihnya Uskup baru tersebut di Gereja Kristus Raja Kathedral Ende, Sabtu (25/5) pukul 18.00 Wita. Pengumuman kabar penting itu dihadiri para Romo, Biarawan-biarawati, dan umat Katolik setempat.

Saat Romo Daslan membacakan pengumuman, umat serentak bertepuk tangan meriah menyambut kabar gembira tersebut. Kerinduan umat selama ini akan hadirnya Uskup definitif akhirnya terwujud.

Sebelum membacakan pengumuman itu, Romo Daslan menunjukan kepada para rohaniawan dan umat yang hadir bahwa surat dari Nunsius Apostolik Indonesia Mgr. Pierro Pippo yang dipegangnya masih dalam keadaan tersegel.

Surat tersebut ditujukan kepada Romo Daslan sebagai penerima mandat untuk membacakan keputusan Paus Fransiskus kepada umat yang hadir. Secara perlahan, Romo Daslan membuka surat Takhta Suci Vatikan yang resmi menunjuk RP. Paul Budi Kleden, SVD sebagai Uskup Keuskupan Agung Ende.

"Kepada para imam, biarawan-biarawati serta umat Keuskupan Agung Ende untuk menerima, membantu, menolong, dan mendoakan Uskup yang baru," kata Romo Daslan membaca surat dari Roma itu.

RD Daslan juga menyatakan merasa bersyukur karena dalam penantian yang cukup lama, akhirnya telah ada gembala umat yang baru di Keuskupan Agung Ende.

Mgr. Pierro, kata RD Daslan, juga menyampaikan ucapan terima kasih atas tanggung jawab yang sudah dilaksanakan selama ini.

Untuk diketahui, Pater Paulus Budi Kleden, SVD meruakan rohaniawan yang lahir di Nagi, Larantuka, Kabupaten Flores Timur pada 16 November 1965. Sebelum mendapat kehormatan Tahta Suci Vatikan sebagai Uskup Keuskupan Agung Ende, Pater Budi Kleden merupakan Superior Jenderal Serikat Sabda Allah (SVD) sejak tahun 2018 hingga 2024.

Budi Kleden bergabung ke dalam SVD pada tahun 1985, dan mengikrarkan kaul perdananya pada tahun 1987 kemudian kaul kekalnya pada 1992.

Budi Kleden ditahbiskan sebagai imam tahun 1993. Penempatan pertama Pater Budi setelah ditahbiskan menjadi imam SVD adalah ke Swiss sejak tahun 1993 hingga 1996.

Pater Budi Kleden mengambil studi teologi di Universitas San Gabriel, Austria. Dari tahun 1996 hingga 2000, Pater Kleden melanjutkan studi doktoralnya di bidang teologi sistematik di Jerman.

Setelah dari Swiss, barulah Pater Budi ditempatkan ke Ledalero, Flores, Indonesia. Pater Kleden terpilih menjadi anggota dewan provinsialat SVD di Provinsi SVD Ende dari tahun 2005 hingga 2008.

Pater Budi juga tercatat sebagai Dosen Filsafat dan Teologi di Sekolah Tinggi Filsafat Katolik (STFK) Ledalero, Maumere, NTT. Kampus ini sudah berganti nama menjadi IFTK Ledalero. Selain itu, ia adalah pengamat sastra dan kritikus sosial dalam beberapa mata kuliah khusus di sekolah tinggi tersebut.

Hingga kini, Pater begelar doktor ini sudah menulis lebih dari 12 judul buku dalam bidang teologi, sosial, dan filsafat. Ia sering kali menulis artikel-artikel sosial dan menjadi pembicara dalam berbagai seminar dan diskusi ilmiah publik di dalam maupun di luar negeri. (Kr4)

  • Bagikan

Exit mobile version