Jonas Salean Ungguli Jefry Riwu Kore di Survei Charta Politica

  • Bagikan
Bakal calon Wali Kota dari Partai Golkar, Jonas Salean (kanan) foto persama pengurus Partai Golkar dan bakal calon Wakil Walikota, Aloysius Sukardan (Kedua kiri). (FOTO: ISTIMEWA)

Hasil Survei Pra Pilkada Kota Kupang, Elektabilitas Jonas Salean Tertinggi

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Lembaga survei Charta Politica melakukan survei terkait pelaksanaan Pilkada 2024 khususnya Pilkada Kota Kupang. Berdasarkan hasil survei yang berlangsung pada 24 - 30 April 2024, elektabilitas calon walikota yang diusung Partai Golkar Jonas Salean, SH, M.Si menempati posisi tertinggi dibandingkan calon lainnya.

Hasil survei Charta Politika yang diperoleh media ini menyebutkan, lembaga tersebut melakukan survei pada minggu keempat April 2024. Populasi survei yang diambil menyebar di enam kecamatan di Kota Kupang. Kriteria responden yang diambil adalah yang berusia 17 tahun ke atas.

Charta Politika melakukan survei dengan wawancara tatap muka (face to face interview) dengan metode sampling multistage random. Sampel yang diambil sebanyak 400 responden dengan margin of error 4,9 persen.

Terdapat sejumlah nama yang dipakai Charta Politica dalam proses survei ini. Nama-nama itu adalah mereka yang bakal meramaikan bursa pertarungan Pilkada Kota Kupang pada 27 November 2024 mendatang. Nama-nama itu antara lain, Jonas Salean, Jefirstson Richset Riwu Kore, Chris Mboeik, Epi Seran, Alex Foenay, dan Djainudin Lonek.

Selanjutnya ada nama Ariyanto Ludoni, Niko Frans, Hermanus Man, Robert P. Fanggidae, Aloysius Sukardan, Adrianus Anselmus Talli, Bildad Thonak, Isidorus Lilijawa, Walde Taek, dan Yeskiel Loude.

Charta Politika mengambil nama-nama tersebut karena sejumlah pertimbangan, baik aspek ketokohan, kepemimpinan partai, dan pernyataan individu.

Dari hasil survei, ternyata elektabilitas Jonas Salean, SH, M.Si masih tertinggi yakni mencapai 38,5 persen. Sedangkan Jefirstson Richset Riwu Kore berada di bawah Jonas Salean, dengan tingkat elektabilitas sebesar 31,3 persen.

Politikus Partai NasDem, Chris Mboeik menyusul di urutan ketiga dengan elektabilitas 1,8 persen, kemudian Epi Seran (1,5 persen), Alex Foenay (1,3 persen), Djainudin Lonek (1,3 persen), Ariyanto Ludoni (1,0 persen), dan Niko Frans (1,0 persen).

Sedangkan mantan Wakil Wali Kota Kupang, Hermanus Man dan Robert Fanggidae elektabilitasnya berada di angka 0,8 persen. Berikutnya ada Aloysius Sukardan dengan elektabilitas 0,5 persen, lalu Adrianus Anselmus Talli, Bildad Thonak, Isidorus Lilijawa, Walde Taek, dan Yeskiel Loude mendapat 0,3 persen. Sementara responden yang menjawab tidak tahu sebanyak 2,5 persen.

Khusus elektabilitas Wakil Walikota, berdasarkan hasil survei, nama Hermanus Man masih populer. Ini dibuktikan dengan nama Herman Man berada di urutan pertama dengan raihan elektabilitas 14,5 persen. Menyusul calon pendamping Jonas Salean, yakni Alo Sukardan yang meraih dukungan 8,8 persen.

Selain nama Herman dan Alo Sukardan, sejumlah nama calon wakil walikota juga turut dipilih responden. Mereka adalah Alex Foenay (8,5 persen), Jonas Salean (5,5 persen), Niko Frans (5,3 persen), Chris Mboeik (5,0 persen), Djainudin Lonek (3,0 persen), Walde Taek (2,3 persen), dan Epi Seran (2,0 persen).

Sementara sosok Jefirstson Richset Riwu Kore yang juga akan maju sebagai calon wali kota, Namanya turut mendapat perhatian responden sebagai calon wakil walikota dengan tingkat elektabilitas 2,0. Lalu Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Kupang, Yeskiel Loudoe mendapat 2,0 persen, Anita Jacoba Gah dan Bildad Thonak berada di angka 1,3 persen, selanjutnya Adrianus Anselmus Talli (0,8 persen), Ariyanto Ludoni (0,8 persen), Robert P. Fanggidae (0,8 persen), dan Isidorus Lilijawa (0,5 persen). Ada calon lain pilihan responden berada diangka 1,8 persen. Sedangkan responden yang menjawab tidak tahu sebanyak 34,3.

Charta Politica juga dalam surveinya menanyakan kepada responden dari sejumlah nama bakal calon walikota/wakil walikota, siapakah tokoh yang paling dikenal oleh mereka. Berdasarkan pertanyaan tersebut, Jonas Salean memperoleh 41,5 persen sementara Jefirston R. Riwu Kore memiliki keterkenalan 37,8 persen.

Demikian pula atas pertanyaan, tokoh yang paling disukai oleh responden. Dua nama masing-masing Jonas Salean memperoleh 39,8 persen, dan Jefirston R. Riwu Kore memperoleh 36,3 persen. Sedangkan nama lain seperti Alex Foenay dan Epi Seran memperoleh angka 3,0 persen. Selebihnya berada di angka dibawa 3 persen.

Pada pertanyaan pamungkas, Charta Politika menanyakan, “Seandainya Pilkada Kota Kupang dilaksanakan hari ini, siapakah yang akan B/I/S pilih sebagai Walikota Kupang untuk lima tahun yang akan datang dari nama-nama di bawah ini?" Atas pertanyaan tersebut, Jonas Salean kembali meraih angka tertinggi 39,3 persen. Sedangkan Jefirston R. Riwu Kore meraih 36,3 persen.

“Jonas Salean (39,3 persen) menjadi nama tertinggi pilihan responden sebagai Walikota Kupang. Diikuti oleh Jefistson R. Riwu Kore (36,3 persen),” tulis Charta Politica dalam laporan hasil surveinya.

Selain itu Charta Politica juga mengerucutkan nama-nama tersebut menjadi 8 nama, 5 nama, 3 nama dan 2 nama untuk ditanyakan kepada responden. Dari 8 nama calon walikota yang disodorkan, Jonas Salean meraih 44,0 persen, Jefirstson Richset Riwu Kore 39,8 persen. Selanjutnya, Alex Foenay (3,5 persen), Jhon G. Seran (3,0 persen), Herman Man (2,5 persen), Yeskiel Loude (1,5 persen), Walde Taek (0,8), dan Isodorus Lilijawa (0,3). Sebanyak 4,5 persen responden menjawab tidak tahu (4,5%).

Untuk lima besar calon walikota, nama Jonas Salean dan Jefirstson Richset Riwu Kore kembali bersaing meraih dukungan responden. Nama Jonas Salean memperoleh dukungan 44,8 persen, sedangkan Jefry Riwu Kore memperoleh 41,3 persen.

Nama lainnya seperti Alex Foenay mendapat 3,5 persen, lalu Jhon G. Seran (3,3 persen), Herman Man (2,8 persen), sedangkan yang menjawab tidak tahun sebanyak 4,5. Pada simulasi tiga besar, lagi-lagi nama Jonas Salean berada di-rangking teratas calon walikota dengan perolehan pilihan responden sebanyak 47,5 persen.

Jefry Riwu Kore menguntin Jonas dengan 40,0 persen pilihan responden. Lalu ada nama Jhon G. Seran dengan 4,5 persen. Sedangkan pada simulasi dua nama (head to head) antara Jonas Salean dan Jefirston R. Riwu Kore, Jonas Salean meraih suara responden 49,5 persen, unggul atas bakal calon walikota Jefri R. Riwu Kore yang memperoleh 43,0 persen. Demikian pula, jika Jonas Salean head to head dengan Jhon G. Seran, Jonas Salean meraih suara responden sebanyak 63,8 persen. Sedangkan Jhon G. Seran hanya memperoleh 15,0 persen. (*/aln)

  • Bagikan