PT Pertamina Patra Niaga AFT El Tari Sukses Gelar Sekolah Kader Posyandu

  • Bagikan
Peserta pelatihan Sekolah Kader Posyandu foto bersama pimpinan PT Pertamina AFT El Tari usai kegiatan, Senin (27/5). (FOTO: ISTIMEWA)

Lewat Program El Tari Sehati

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-PT Pertamina Patra Niaga AFT El Tari berbangga karena telah sukses melaksanakan kegiatan Sekolah Kader Posyandu yang merupakan bagian dari inisiatif “El Tari Sehati” yang dilaksanakan pada Senin (27/5/2024).

"Kami sangat bangga dapat mendukung program pelatihan Kader Posyandu ini sebagai bagian dari inisiatif El Tari Sehati. Kami percaya bahwa kader Posyandu memiliki peran vital dalam memajukan kesehatan masyarakat, dan melalui pelatihan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi yang nyata bagi pemahaman masyarakat mengenai stunting, bahaya stunting dan pencegahannya,” kata Dewa Putu Sumantra, AFT Manager PT Pertamina AFT El Tari, di sela-sela kegiatan itu, Senin (27/5).

Dewa Putu Sumantra menjelaskan, El Tari Sehati merupakan program CSR PT Pertamina AFT El Tari yang berfokus pada penanganan stunting, dan bertujuan membekali peserta dengan keterampilan serta pengetahuan.

"Hal ini diperlukan oleh kader Posyandu guna mendukung upaya edukasi mengenai pencegahan stunting kepada ibu balita di kelurahan Penfui, Kota Kupang," katanya.

Dewa Putu menyebutkan, program ini dihadiri 37 kader Posyandu yang berasal dari enam Posyandu di Kelurahan Penfui, tenaga gizi dan promosi kesehatan Puskesmas Penfui, bidan kelurahan, dan Pemerintah
Kelurahan Penfui.

Pelatihan tersebut, lanjutnya, mencakup berbagai topik penting, diantaranya pengenalan stunting, bahaya stunting, dan pencegahan stunting. Lalu edukasi kepada ibu hamil dan ibu dengan balita di bawah dua tahun dengan media berupa poster edukasi.

Dewa Putu mengatakan, kegiatan ini bekerjasama dengan Yayasan 1000 Cita Bangsa yang merupakan mitra resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI untuk pencegahan stunting.

Pada akhir acara, PT Pertamina Patra Niaga AFT El Tari mendistribusikan sejumlah poster edukasi stunting yang akan diperuntukkan kepada rumah tangga yang memiliki balita dibawah dua tahun dan ibu hamil.

Sejumlah peserta pelatihan usai kegiatan menyampaikan terima kasih kepada PT Pertamina Patra Niaga AFT El Tari yang sudah membekali mereka dengan pengetahuan penanganan stunting.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina dan Yayasan 1000 Cita Bangsa yang telah melaksanakan kegiatan ini. Kedepannya diharapkan kami bisa terus dilibatkan dalam kegiatan yang bisa meningkatkan keterampilan,” kata Mama Enni, Kader Posyandu Anggrek, Kelurahan Penfui.

Hal tak jauh beda juga disampaikan Ana Ludji, Bidan Kelurahan Penfui. “Kegiatan ini sangat bermanfaat karena membuka wawasan baru bagi kader Posyandu. Ini menjadi harapan bagi para kader Posyandu karena kehadiran kader Posyandu dan tenaga kesehatan diapresiasi. Tetap semangat karena kita tidak berjalan sendiri,” ujarnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Lurah Penfui, Fransisco S. Dugis. “Kami berterima kasih kepada Pertamina karena sudah berbagi kasih. Semoga wadah ini bisa meningkatkan keterampilan ibu-ibu. Kami dari kelurahan sangat terbantu adanya kegiatan ini," ungkapnya.

Masa Depan

Community Development Officer PT Pertamina AFT El Tari, Buhari Ramadani mengatakan, setelah sukses menggelar pelatihan ini, pihaknya berencana melanjutkan program El Tari Sehati dengan kegiatan-kegiatan serupa yang berfokus pada peningkatan kapasitas dan keterlibatan kader Posyandu dalam upaya meningkatkan derajat Kesehatan masyarakat.

"Kami berkomitmen untuk terus mendukung dan memperkuat posyandu sebagai garda terdepan kesehatan masyarakat," pungkasnya. (aln)

  • Bagikan