Peduli Lingkungan, Pihak PT MSM dan SMKN 1 Pandawai Tanam Ratusan Pohon

  • Bagikan
PT MSM bekerjasama dengan SMKN 1 Pandawai, Sumba Timur melakukan aksi penduli lingkungan dengan menanam aneka pohon di lingkungan sekolah. Tampak perwakilan PT. MSM dan pihak sekolah ketika menanam pohon mangga. (FOTO: ISTIMEWA)

WAINGAPU,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Manajemen PT. Muria Sumba Manis (MSM) berkolaborasi dengan Sekolah Menengan Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Pandawai, Kabupaten Sumba Timur melakukan aksi penghijauan dengan menanam ratusan jenis pohon di lingkungan sekolah.

Kegiatan dalam program ‘Hijau Manise’ atau penghijauan untuk masyarakat harmonis dan sejahtera yang digagas PT. MSM ini dilaksanakan pada Jumat (31/5) pagi. Hadir saat itu ratusan siswa/i SMKN 1 Pandawai, para guru serta perwakilan dari PT. MSM.

Menariknya, sejumlah lubang yang ditanam berbagai pohon tersebut telah disiapkan terlebih dahulu oleh para siswa dan pihak sekolah. Pantauan media, para guru dan siswa SMKN 1 yang berlokasi di Menggitimbi, Kecamatan Pandawai sangat antusias melaksanakan program penanaman pohon, diantaranya anakan Mangga Arum Manis dan anakan pohon Trambesi.

Para pimpinan dan perwakilan dari manajemen PT. MSM juga ikut menanam anakan pohon yang sudah disiapkan. Sebelum ditanam pohon, lubang-lubang tersebut terlebih dahulu diisi pupuk. Sebagai bentuk tanggung jawab atas keberlangsungan hidup aneka tanaman tersebut, pihak sekolah telah memagari lokasi penghijauan agar tanamannya terhindar dari hewan ternak yang berkeliaran.

Program Manager Kegiatan Hijau Manise PT. MSM, Astrid Nurfitri dalam keterangannya menyampaikan, program ‘Hijau Manise’ sendiri merupakan akronim dari Penghijauan untuk Masyarakat Harmonis dan Sejahtera.

Program tersebut, lanjutnya, merupakan program CSR dari PT MSM yang berkolaborasi dengan berbagai pihak termasuk lembaga pendidikan. "Untuk kali ini kita bekerjasama dengan SMKN 1 Pandawai. Ke depan, mungkin kita dengan sekolah-sekolah lain atau lembaga lain," ujarnya.

Menurut Astrid, Program Hijau Manise yang dijalankannya itu juga mendapat dukungan dan pendampingan dari Indonesian Social Sustainability Forum atau ISSF. "Dan salah satu perusahaan yang melakukan kerjasama dengan ISSF adalah PT. Muria Sumba Manis," kata konsultan ISSF dalam keterangannya usai bersama siswa/i SMKN 1 Pandawai menanam pohon.

Dalam kegiatan penghijauan kolaborasi antara PT. MSM dan SMKN 1 Pandawai tersebut berhasil menanam 100 anakan pohon mangga, 5 pohon trembesi dan 5 pohon tabebuya. Selain itu PT MSM juga menyerahkan 100 anakan pohon mangga arum manis yang nantinya diharapkan dibawa para guru untuk ditanam di lingkungan masing-masing. (aln)

  • Bagikan

Exit mobile version