296 Mahasiswa FE UKAW Jalani PKL

  • Bagikan
INTHO HERISON TIHU/TIMEX BERSAMA. Panitia PKL dan mitra pose bersama mahasiswa PKL usai acara seremoni pembukaan pembekalan di Aula Yohanes UKAW Kupang, Jumat (31/5)

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID - Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Artha Wacana (FE UKAW) Kupang menerjunkan sebanyak 296 mahasiswa untuk menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL) di 78 mitra yang tersebar di Kota Kupang.

Sebelum jalani PKL, para mahasiswa semester VI ini mendapat pembekalan terlebih dahulu bertajuk “Penguatan kompetensi mahasiswa fakultas ekonomi di era digital dalam dunia kerja”.

Pembekalan ini menghadirkan sejumlah pemateri baik dari internal dan eksternal (Pemerintah dan dunia usaha) yang berlangsung di Aula Yohanes UKAW Kupang, Jumat (31/5).

Herry Aprilia Manubulu, Ketua Panitia PKL menjelaskan, rangkaian PKL merupakan salah satu mata kuliah yang harus programkan mahasiswa pada semester VI.

Ia menyebut, tema penguatan kompetensi mahasiswa ekonomi di era digital diambil guna memberikan pemahaman karena mahasiswa harus melek teknologi dan menguasai perkembangannya.

“Sekarang ini mahasiswa harus melek teknologi sehingga mahasiswa sudah dibekali dengan mata kuliah aplikasi komputer dalam bisnis, Electronic Commerce (E-Commerce), mata kuliah Strategi Pemasaran Digital dan Software E-Guets,” katanya.

Herry Manubulu menyebut bahwa ilmu yang sudah dipelajari mahasiswa di Kampus selama ini, akan diterapkan sekaligus belajar dari dunia usaha atau dunia kerja dimana mahasiswa akan PKL nantinya.

“Kita tahu bahwa dunia kerja baik pemerintah maupun swasta bahkan gereja pun sudah menggunakan sistem atau websitenya sendiri. Sehingga mahasiswa selain implementasikan ilmunya, juga belajar dari perkembangan teknologi yang ada di dunia kerja,” terangnya.

Ia menyebut, pelaksanaan PKL terhitung tanggal 3 Juni sampai 8 Juli dengan total mitra sebanyak 78 mitra atau lokasi yang tersebar di wilayah Kota Kupang. Para mahasiswa akan didampingi sebanyak 23 DPL.

“Terdapat sejumlah komponen penilaian yang akan diberikan oleh DPL, Pimpinan pada Mitra pada PKL. Diharapkan program kerja yang akan disusun setelah dilakukan observasi nanti dapat memberikan kontribusi kepada dunia kerja dan peningkatan pengetahuan mahasiswa,” tandasnya.

Lumongga E. Simandjuntak, Analis Publik Dinas Kominfo Kota Kupang menyebut pemerintah daerah telah berupaya untuk bertransformasi pelayanan publik berbasis digital.

Salah satunya seperti aplikasi Si Pintar untuk kepengurusan permohonan izin usaha UMKM, izin praktik dokter dan lain-lain, bisa diakses melalui layanan aplikasi Si Pintar.

Selain itu, soal pembayaran pajak kendaraan bermotor seperti yang ditanyakan para mahasiswa, apakah sudah bisa dilakukan pembayaran di mall pelayanan pintar dan pelayanan pajak PBB juga bisa dilakukan melalui Bank NTT, semuanya sudah bisa dilakukan melalui sistem.

“Pelayanan publik saat ini sudah semakin mudah. Mahasiswa bisa mengakses untuk mengetahui data dan perkembangannya serta bisa memberikan masukan untuk layanan ini,” sebutnya. (cr6/thi)

  • Bagikan