Event Pesona Kebangsaan Jadi Destinasi Wisata Berkualitas

  • Bagikan
ALEX SEKO/TIMEX PARADE DARAT. Pelaksanaan parade darat festival kebangsaan, Jumat (31/5).

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif telah mencantumkan festival kebangsaan sebagai rangkaian dari Kharisma Event Nusantara (KEN).

Karena itu, kata dia tentunya menjadi sebuah kehormatan sekaligus tanggung jawab untuk terus menjaga kualitas festival diseluruh Indonesia.

Demikian disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Fransiskus Xaverius Teguh, Jumat (31/5) saat pembukaan parade darat di halaman depan pelabuhan Soekarno Ende.

Parade darat yang dilaksanakan untuk mengenang dan mengingat kembali perjuangan sejarah Soekarno atau yang disebut Bung Besar yang  meletakan dasar negara Indonesia.

"Hari ini kita meriahkan parade darat untuk mengunjungi tempat-tempat penting dari pelabuhan Soekarno, POM TNI,  rumah pengasingan Bung Karno, serambi Soekarno dan kubur ibu Amsi dan berkahir di bawah pohon sukun," kata dia.

Dirinya mengajak, agar festival kebangsaan menjadi momen dan refleksi atas perjalanan dan sejarah bangsa. Dengan demikian bisa memberikan pengalaman unik dan tak terlupakan.

"Semoga bisa memberikan diversifikasi dari kegiatan pariwisata ekonomi kreatif dan Ende-Flores bisa jadi destinasi berkualitas di Indonesia," katanya.

Menurutnya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Ende , Pemerintah Provinsi NTT atas kerja sama sehingga event tersebut bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, Penjabat Bupati Ende, Agustinus Gaja Ngasu dalam sambutan saat melepas parade darat mengatakan, adalah sebuah kehormatan bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Ende dalam kegiatan parade pesona kebangsaan.

"Ini merupakan suatau kehormatan yang luar biasa bagi kami masyarakat Kabupaten Ende," katanya.

Dia menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta baik dari dalam kota maupun dari kecamatan-kecamatan yang turut mengambil bahagianya dalam kegiatan tersebut.

"Saya juga menyampaikan selamat datang kepada seluruh peserta dari kecamatan juga paguyuban-paguyuban yang ada di Kabupaten Ende. Kehadiran dan keceriaan kita mengikuti kegiatan ini menjadi suatu kebanggaan yang luar biasa bagi kami. Ini membuktikan bahwa kita mempunyai semangat yang satu dan sama untuk terus menggelorakan Pancasila dari Bumi Triwarna Kelimutu Kota Pancasila," katanya.

Menurut dia, kehadiran seluruh elemen  membuktikan  bahwa slogan Pancasila Rumah Kita dari Ende untuk Indonesia bukan hanya sebatas slogan, tetapi slogan yang sering dan selalu digaungkan dan akan menjadi kekuatan dahsyat bagi kita bagaimana menjadikan Pancasila sebagai satu-satunya ideologi bangsa Indonesia. (kr4/ays)

  • Bagikan