Nilai-nilai Pancasila, Pemandu bagi Kehidupan Bangsa

  • Bagikan
IST UPACARA. Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga memimpin upacara peringatan hari lahir Pancasila di Mapolda NTT, Sabtu (1/6).

Kapolda NTT Pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Bertempat di lapangan utama Mapolda NTT, seluruh jajaran Polda NTT menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung serentak di seluruh Indonesia, Sabtu (1/6).

Upacara ini dipimpin langsung oleh Kapolda NTT, Irjen Pol. Daniel Tahi Monang Silitonga, S.H., M.A., dan dihadiri oleh Wakapolda NTT, Brigjen Pol. Awi Setiyono, S.I.K., M.Hum., serta pejabat utama, seluruh personel, dan ASN Polda NTT.

Dalam sambutannya, Kapolda NTT mengutip pernyataan dari Kepala Badan Pembina Ideologi Pancasila RI, yang menekankan pentingnya memperingati Hari Lahir Pancasila.

"Hari ini, kita mengenang momen bersejarah saat Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945 di hadapan sidang BPUPK," ujarnya.

Tema peringatan tahun ini, "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", diangkat untuk menegaskan peran Pancasila dalam menyatukan bangsa yang beragam.

"Tema ini menegaskan bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat," lanjut Kapolda.

Kapolda NTT juga menekankan bahwa Pancasila dan nilai-nilainya merupakan pemandu bagi kehidupan bangsa.

"Pancasila adalah anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. Nilai-nilai luhur di dalamnya menjunjung tinggi inklusivisme, toleransi, dan gotong royong," jelasnya.

Ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Menghadapi era globalisasi teknologi dan informasi, Kapolda mengingatkan bahwa Pancasila harus menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak kehilangan arah.

"Kita harus bijak dalam memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menyebarkan konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila," tegasnya.

Kapolda juga menekankan pentingnya keteladanan dalam etika, integritas, dan karakter, baik bagi pemimpin maupun rakyat Indonesia.

"Pancasila harus kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia," tambahnya.

Menutup sambutannya, Kapolda mengajak seluruh komponen bangsa untuk bergotong royong merawat anugerah Pancasila.

"Mari kita bekerja sama menjaga kerukunan dan keutuhan bangsa sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini memompa semangat kita untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia," pungkasnya. (cr6/gat)

  • Bagikan