Pelatih adalah Sosok Penting bagi Atlet

  • Bagikan
PROKOMPIM FOR TIMEX POSE BERSAMA. Asisten III Setda Kota Kupang, Yanuar Dally pose bersama Kepala Dispora Kota Kupang serta jajarannya dan para atlet di sela membuka kegiatan bimtek, Kamis (30/5).

Pemkot Gelar Bimtek Muaythai dan Kriket

KUPANG, TIMEX.FAJAR.CO.ID- Dalam rangka mencetak atlet-atlet berprestasi di bidang olahraga, khususnya pada cabang Muaythai dan Kriket, maka Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Kupang menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi pelatih, praktisi dan teknisi olahraga.

Kegiatan bimtek ini mengusung tema “Bimbingan Teknis sebagai Upaya Pembentukan Karakter Pelatih, Praktisi, dan Teknisi Olahraga Guna Melahirkan Atlet yang Berprestasi dan Membanggakan". Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Yanuar Dally bertempat di aula Hotel Ima, Kamis (30/5).

Pada kegiatan ini, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Kupang, Yanuar Dally didampingi Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kota Kupang, Ernest S. Ludji serta Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kota Kupang, A. M. Manafe.

Dalam sambutan tertulis Wali Kota Kupang yang dibacakan Yanuar Dally dikatakan bahwa pelatih adalah sosok penting bagi setiap atlet. Tanpa bimbingan dan pengawasan dari seorang pelatih, prestasi yang tinggi sulit dicapai.

Menurutnya, seorang pelatih akan lebih mudah melihat kesalahan teknik yang dilakukan oleh atlet daripada atlet itu sendiri. Sehingga, pelatih dan juri cabang olahraga harus memiliki kemampuan profesional untuk membantu mengungkap potensi para atlet untuk mencapai prestasi optimal.

“Kita akan fokus pada cabang-cabang olahraga berprestasi di Kota Kupang. Sehingga, konsentrasi pemerintah daerah lebih mengerucut. Hal ini penting karena prestasi tidak diraih secara tiba-tiba, tetapi membutuhkan perhatian dan dukungan dari pemerintah.

Oleh sebab itu, Pemkot Kupang akan mendukung penuh penyelenggaraan bimtek bagi pelatih, praktisi, dan teknisi olahraga cabor Muaythai dan Kriket sebagai cabang olahraga yang bisa meningkatkan prestasi di masa depan. Kami juga berharap ke depan bisa memberikan perhatian lebih serius pada cabang olahraga lain yang telah berprestasi bagi daerah,” kata Yanuar.

Yanuar melanjutkan, peserta bimtek diharapkan dapat menambah pengetahuan serta keterampilan yang akan diaplikasikan pada bidang olahraga yang digeluti.

“Saya berharap saudara-saudara dapat memanfaatkan kegiatan ini sebaik mungkin sebagai wahana untuk membentuk karakter atlet yang baik, meningkatkan keterampilan, kreativitas, dan pengembangan wawasan yang akan mengembangkan potensi dan talenta para atlet,” tegasnya.

Yanuar juga berpesan agar para peserta dapat terus mengembangkan kemampuan yang dimiliki sebagai bekal dalam menentukan langkah menggapai kesuksesan dan meraih masa depan yang lebih baik.

“Saya berharap kegiatan bimtek yang diselenggarakan oleh Dispora Kota Kupang ini pada akhirnya dapat menghasilkan pelatih, praktisi dan teknisi olahraga yang andal, yang akan menghasilkan atlet-atlet berprestasi dan membanggakan,” tambahnya.

Dalam laporan yang dibacakan oleh Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kota Kupang, A. M. Manafe disebutkan bahwa bimtek bagi pelatih, praktisi dan teknisi olahraga merupakan pola pembinaan bagi atlet tingkat Kota Kupang yang dilakukan secara bertahap oleh Dispora Kota Kupang.

Tujuannya adalah untuk menghasilkan atlet berprestasi dengan memberikan pemahaman bagi para peserta sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat membantu melahirkan atlet yang berprestasi dan membanggakan serta mengangkat nama baik Kota Kupang di bidang olahraga.

Bimtek diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari 8 pelatih Muaythai, 8 pelatih Kriket, serta 14 wasit/juri dari kedua cabang olahraga tersebut.

Turut hadir sebagai narasumber adalah John Cornel Sanggam Silitonga dari cabang Muaythai, David Legoru Seri Jala dari cabang Kriket, serta David Here sebagai moderator. Juga hadir para Kabid dan staf Dispora Kota Kupang serta para peserta bimtek dari cabang Muaythai dan Kriket Kota Kupang. (cr3/gat)

  • Bagikan