Senyum Bahagia Anak-anak dari Pelosok Kabupaten Kupang

  • Bagikan
IMRAN LIARIAN/TIMEX PERIKSA KESEHATAN. Anak-anak SDN Oefafi sementara diperiksa kesehatannya secara gratis oleh tenaga medis dari Klinik Satuan Brimob Polda NTT, Jumat (31/5).

Bakti Sosial Satuan Brimob Polda NTT untuk Negeri

Satuan Brimob Polda NTT melaksanakan karya bakti untuk negeri melalui kegiatan bakti sosial (Baksos). Baksos yang digelar ini menyasar anak-anak dan masyarakat di Desa Oefafi, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang.

IMRAN LIARIAN, Kupang_

JUMAT pagi (31/5) anak-anak Sekolah Dasar Negeri (SDN) Oefafi mendapat kunjungan dari Satuan Brimob Polda NTT. Kehadiran anggota Brimob Polda NTT itu langsung menjadi perhatian masyarakat sekitar.

Berbagai kendaraan taktis dihadirkan. Seperti mobil yang mengangkut air bersih yang bisa langsung diminum oleh masyarakat.

Pusat kegiatan baksos ini di halaman SDN Oefafi. Kepala SDN Oefafi dan anak-anak serta masyarakat menyambut hangat kunjungan dalam rangka baksos itu dengan senyum bahagia.

Anak-anak sekolah diberikan edukasi tentang cara cuci tangan yang baik dan benar. Tak hanya itu, anak-anak sekolah hanh berjumlah 60 orang siswa itu juga dihibur dengan aneka games yang menambah kegembiraan.

Komandan Satuan Brimob Polda NTT, Kombes Pol. Ferry Raimond Ukoli SIK melalui Kasi Log, AKP Marselino Pereira pada kesempatan itu menjelaskan bahwa kegiatan bakti sosial ini bertempat di UPTD SDN Oefafi.

Hadir juga tim dari kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gratis. Selain itu ada juga pemberian makanan gratis dan air bersih.

"Ada air bersih yang bisa langsung diminum," ujarnya.

Iptu Martinus Isohone selaku Kasi Kesjas Sat Brimob Polda NTT pada kesempatan itu menjelaskan bahwa kunjungan Satuan Brimob Polda NTT ke UPTD SDN Oefafi, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang untuk mengadakan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan bagi anak-anak meliputi pemeriksaan hidung, telinga, tenggorokan. Hadir langsung dalam kegiatan tersebut adalah dokter dan tenaga medis.

"Dokter juga memeriksa gigi anak-anak nanti kita arahkan untuk berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit," jelasnya.

Mudah-mudahan bakti sosial ini bermanfaat bagi masyarakat. Bakti sosial adalah program dari Kapolda NTT kepada Dansatbrimob untuk mendukung pemerintah.

Sementara dr. Darling dari Klinik Satuan Brimob Polda NTT menjelaskan bahwa dari hasil pemeriksaan kesehatan anak-anak sekolah kebanyakan telinga yang kotor, yang lain-lain telinganya bagus.

"Ada satu anak yang gendang telinga lubang. Jadi, sudah arahkan untuk ambil rujukan di Puskesmas supaya bisa konsultasi dengan dokter THT," jelasnya.

Sementara untuk pemeriksaan kesehatan kepada masyarakat itu keluhannya ada yang tubuhnya gatal-gatal dan ada beberapa lansia yang datang dengan matanya katarak sehingga pandangan kabur.

"Kalau Katarak, saya bantu untuk data," ujarnya.

Tujuannya agar ketika ada operasi katarak akan disampaikan kepada masyarakat agar bisa ikut ambil bagian.

Kepala UPTD SD Negeri Oefafi, Welhelmina Florida Banabera mengaku sangat bersyukur dengan kegiatan baksos dari Satuan Brimob Polda NTT itu

"Puji Tuhan dari Satuan Brimob Polda NTT telah mengunjungi kami beserta anak didik, guru dan masyarakat sekitar, kami boleh mendapatkan perhatian khusus," ungkapnya.

Kehadiran Satuan Brimob Polda NTT melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada anak-anak, guru dan masyarakat. Selain itu, pemberian makanan dan air bersih.

"Kami boleh mengucap syukur, kiranya Tuhan Yesus senantiasa memberkati Satuan Brimob Polda NTT," ungkapnya.

Harapannya agar ke depan Sat Brimob Polda NTT bisa terus membantu anak-anak, dan masyarakat dengan kegiatan-kegiatan seperti ini.

Ketua Komite UPTD SDN Oefafi, Luter Ferdinan Noman juga menyampaikan terima kasih kepada Satuan Brimob Polda NTT yang telah membantu anak-anak, dan masyarakat. Sebab, kegiatan ini sangat penting karena anak-anak bisa mendapatkan pemeriksaan kesehatan gratis, makanan dan air bersih.

"Kami dari Komite dan orang tua menyampaikan terima kasih kepada Satuan Brimob Polda NTT," katanya.

Kepala Desa Oefafi, Lorentius Djabi menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan karena lewat bakti sosial yang digelar Satuan Brimob Polda NTT sangat membantu masyarakat dan anak-anak sekolah.

Bakti sosial ini ada pemberian makan siang gratis, pengobatan gratis dan pemberian air mineral langsung konsumsi.

"Atas nama Pemerintah menyampaikan terima kasih kepada Bapak Kapolda NTT melalui Dansatbrimob kami bersyukur dan berterima kasih," ungkapnya sambil berharap bakti sosial seperti ini terus berlanjut di desanya. (gat)

  • Bagikan

Exit mobile version