Konsumsi Data Capai 1 GB Per Hari Per Orang

  • Bagikan
PERTAHANKAN PELANGGAN: Group Head XL Axiata East Region, Dodik Ariyanto (kiri kedua) dan Caretaker XL Axiata Sulawesi Area, Mozes H. Baottong (keempat kiri) saat kenalkan produk paket XL terbaru Bebas Puas kepada pelanggan di GrahaXL Pemuda Surabaya. Operator telekomunikasi sebut konsumsi data bisa capai 1 GB per hari. Tekankan fleksibilitas paket untuk pertahankan pelanggan. Rabu 05/6. PUGUH SUJIATMIKO/JAWA POS

SURABAYA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Konsumsi data oleh masyarakat Indonesia terus meningkat. Bahkan, operator telekomunikasi menyebut kebutuhan harian beberapa segmen bisa mencapai 1 gigabyte (GB) per hari per orang.

Group Head XL Axiata East Region Dodik Ariyanto mengatakan, pihaknya terus mengkalkulasi kebutuhan data dari pengguna ponsel sehari-hari seiring adanya konvergensi, trafik data antara fixed dan mobile broadband makin berbaur. Namun, bukan berarti kebutuhan akan akses internet secara mobile terhapuskan.

''Dengan era digital yang makin canggih, konsumsi data mobile broadband juga terus meningkat,'' tuturnya di Surabaya kemarin (5/6).

Dia mengatakan, beberapa segmen bahkan membutuhkan hingga 1 GB per hari setiap pelanggang. Hal tersebut dikarenakan pekerjaannya membutuhkan konsumsi data yang cukup besar. Misalnya, content creator.

Namun, lanjut Dodik, kebutuhan sebesar tersebut tidak untuk hampir semua konsumen. Ambil saja contoh konsumsi data XL pada 2023 yang mencapai 9.638 Petabyte. Jika dibagi dengan 365 hari, konsumsi rata-rata pengguna perseroan hanya mencapai 446 megabyte per hari.

Oleh karena itu, perseroan terus menekankan fleksibilitas dalam memberikan paket data kepada pelanggan. Termasuk, produk yang baru diluncurkan. Dengan besaran data besar dan kemampuan menumpuk kuota, dia berharap pengguna bisa merasa nyaman.

Sebelumnya, SVP Head of Circle Java Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) Elny Widjaja mengatakan, peningkatan konsumsi memang harus dibarengi dengan pemerataan kualitas dari operator. Oleh karena itu, perseroan memperluas jaringan melalui dua brand yang dinaungi.

Sepanjang kuartal pertama 2024, lanjut dia, Tri telah memperluas jangkauan dengan total 6.135 BTS 4G di wilayah tersebut. Angka ini meningkat 41 persen dari 2022 yang hanya mencapai 4.320 BTS 4G. Perluasan jaringan tersebut juga didukung dengan optimasi. "Sehingga, setiap lokasi BTS (sites) juga didukung oleh titik distribusi seperti retailer dan 3Kiosk,'' paparnya. (bil/dio/thi)

  • Bagikan