Oranje Memilih Penjaga Termuda

  • Bagikan
NET PILIHAN UTAMA. Kiper Brighton & Hove Albion, Bart Verbruggen  bakal menjadi kiper utama Timnas Jerman di Euro 2024 nanti.

ROTTERDAM,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Selalu ada yang baru. Begitulah yang terjadi di bawah mistar gawang Belanda saat bermain di turnamen mayor sedekade terakhir. Belum ada satu pun kiper yang mampu back-to-back membela Oranje, julukan Belanda, di turnamen mayor.

Dari Jasper Cillessen yang membela Belanda di Piala Dunia 2014 berpindah ke tangan Maarten Stekelenburg di Euro 2020. Dua tahun lalu, di Piala Dunia 2022, giliran Andres Noppert yang mendapat kepercayaan berada di bawah mistar gawang Oranje.

Untuk Euro 2024, tidak ada satu pun dari kiper sebelumnya yang masuk skuad pilihan tacticus Ronald Koeman. Tiga kiper pilihan Koeman adalah Bart Verbruggen dari Brighton & Hove Albion, Justin Bijlow (Feyenoord Rotterdam), dan Mark Flekken (Brentford FC).

Di antara ketiganya, Koeman telah memutuskan bahwa Verbruggen yang akan mengemban predikat kiper utama Belanda di Euro 2024. Ketiganya sangat kompetitif dan pada akhirnya kami harus memilih, kata Koeman di laman resmi KNVB (PSSI-nya Belanda).

Selain memiliki caps lebih sedikit ketimbang dua rekannya, Verbruggen masih berusia 21 tahun 301 hari saat batas terakhir pendaftaran skuad (8/6). Alhasil, Verbruggen menahbiskan diri sebagai pemain non-outfield (kiper) termuda dalam turnamen yang kickoff empat hari lagi itu.

Kepada Voetbal International, Verbruggen mengungkapkan bahwa kepercayaan Koeman tidak disangka-sangka olehnya. Sukses menjaga gawang Belanda tidak kebobolan saat melawan Kanada dalam uji coba internasional di Stadion De Kuip (7/6) pun dijadikan Verbruggen sebagai modal mempertahankan status kiper utama. Awal yang sangat positif," ucapnya.

Gaya main Brighton yang menempatkan kiper sebagai awal serangan jadi nilai plus Verbruggen. Selain tentu kemampuan standar sebagai seorang penjaga gawang seperti refleks bagus, mampu membaca permainan, dan tangguh dalam duel bola udara. Seperti itulah caraku bermain. Aku senang menerima bola di bawah kakiku. Kadang aku juga senang membuka ruang, beber Verbruggen yang baru diboyong Brighton pada musim panas tahun lalu dari RSC Anderlecht.

Suksesi kiper di Belanda memang berbeda dibandingkan dengan di timnas lainnya. Belgia, misalnya, tidak membawa Thibaut Courtois sehingga kiper utama bakal jadi milik Koen Casteels (VfL Wolfsburg). Juga Prancis yang mengandalkan Mike Maignan (AC Milan) setelah ditinggal pensiun oleh Hugo Lloris. (ren/c9/dns/jpg/rum)

  • Bagikan

Exit mobile version