Penggawa City dan Inter Paling Banyak di Euro 2024

  • Bagikan
NET = PHIL FODEN. Satu dari 13 pemain Manchester City yang bakal tampil di Euro 2024.

Dominasi Juara Liga Domestik

MANCHESTER,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Salah satu dasar bagi setiap pelatih timnas untuk menentukan skuad di turnamen mayor biasanya menilik kiprah para juara liga domestik. Misalnya, yang terjadi di liga elite Eropa. Kecuali juara Bundesliga Bayer Leverkusen, empat klub juara liga elite Eropa lainnya mengirimkan lebih dari 10 pemainnya ke Euro 2024.

Kampiun Premier League Manchester City dan peraih scudetto Serie A Inter Milan jadi yang teratas dengan masing-masing menyetor 13 pemain. Disusul jawara LALIGA Real Madrid dan pemenang Ligue 1 Paris Saint-Germain dengan kontribusi 12 pemain. FC Barcelona sebagai runner-up LALIGA pun mengirim 12 pemain ke Jerman.

Leverkusen sebagai peraih MeisterschalE sebenarnya mengirimkan lumayan banyak penggawanya alias 10 nama. Jumlah yang disamai oleh Arsenal sebagai runner-up Premier League. Hanya, Leverkusen kalah oleh dua rival utama di Bundesliga, Bayern Munchen dan RB Leipzig. Kedua klub masing-masing menempatkan 11 pemain.

Aku rasa (sepuluh pemain Leverkusen tampil di Euro 2024, Red) sudah menjadi capaian membanggakan bagi klub ini, kata der trainer Leverkusen Xabi Alonso di laman resmi klub. Kami bukan klub yang punya banyak pemain bintang," imbuh pelatih yang membawa Leverkusen tidak terkalahkan di Bundesliga musim lalu itu.

Nominal pemain yang dikirimkan City ke Euro memang disamai Inter. Tetapi, untuk urusan liga dengan personel terbanyak ke Euro, Premier League juaranya dengan total mengirimkan 96 personel. Serie A ada di tempat kedua dengan 91 pemain.

Fakta tersebut jadi bukti sahih bahwa para pelatih timnas Euro lebih memprioritaskan pemain dari Premier League daripada liga lainnya. Itu terlihat dari persebaran pemain yang berasal dari 19 klub untuk menyumbangkan pemainnya ke Euro.

Premier League harus diakui memang liga terbaik di dunia. Bukan overrated. Semua pemain yang ada di sini bekerja ekstra keras untuk bersaing dengan rekan setimnya demi mendapatkan kemampuan maksimal, beber mantan tactician Liverpool FC Jurgen Klopp sebagaimana dilansir The Guardian. (io/c6/dns/jpg/rum)

  • Bagikan