Resmi, Khofifah-Emil Didukung Gerindra di Pilgub Jatim

  • Bagikan
DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM SERAHKAN SK. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai melakukan pertemuan di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Jumat (7/6/2024).

JAKARTA,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Dukungan Koalisi Indonesia Maju (KIM) kepada Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak semakin kokoh. Sebab, kemarin (7/6) giliran Partai Gerindra yang secara resmi memberikan surat rekomendasi kepada Khofifah-Emil untuk maju di pilgub Jawa Timur (Jatim).

Rekomendasi calon gubernur dan calon wakil gubernur itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan. Di kesempatan tersebut, Prabowo menyatakan bahwa KIM akan bekerja keras memenangkan Khofifah-Emil di Jatim. Dia menegaskan, Gerindra maupun partai politik (parpol) di KIM punya alasan kuat mendukung Khofifah-Emil.

Salah satu alasannya, kinerja Khofifah-Emil yang terbukti selama memimpin Jatim lima tahun terakhir. Bukan hanya itu, Khofifah-Emil juga menorehkan banyak prestasi yang membanggakan.

”Dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Timur,” kata Prabowo saat konferensi pers di kediamannya.

Prabowo juga memerlukan Khofifah-Emil untuk mempercepat kemajuan Jatim sebagai salah satu provinsi kunci di Indonesia. Secara khusus, Prabowo juga melihat Khofifah sebagai sosok yang tegas mendukung kemerdekaan Palestina.

Sementara itu, Khofifah menyampaikan terima kasih kepada Prabowo dan jajaran pengurus DPP Gerindra. Menurut dia, dukungan tersebut merupakan mandat yang harus dilaksanakan. Bersama Emil, Khofifah siap bekerja keras memenangi pilgub Jatim.

”Insya Allah, kami bisa memenangi pemilihan gubernur Jawa Timur pada 2024,” ujarnya.

Di kesempatan itu, Khofifah juga menyatakan memang punya perhatian besar terhadap konflik di Palestina. Dia pun menegaskan, Jatim siap menampung 1.000 anak Palestina dan kaum ibu yang mengalami trauma. Sebagai ketua umum Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), dia juga siap mendidik anak-anak tersebut di Jatim.

Dia menjelaskan, Muslimat NU memiliki pengalaman terkait dengan pendidikan. Salah satunya lewat learning center di Malaysia. Muslimat NU mendidik anak-anak pekerja migran Indonesia (PMI) yang bekerja di negeri jiran tersebut. Anak-anak itu juga kemudian dibawa ke Jatim untuk dididik.
Mengenai teknisnya, Khofifah menyerahkan sepenuhnya kepada pemerintah. Dia menyebut kerja sosial mendidik anak semacam itu sudah kerap dilakukan. Terutama di pesantren-pesantren di Jatim.

”Jadi, pesantren di Jawa Timur sangat siap (menampung anak-anak Palestina, Red),” katanya.

Prabowo membeberkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memerintah dirinya untuk mengirim pasukan perdamaian ke Gaza. Pasukan itu akan bertugas memberikan perlindungan dan keamanan kepada semua pihak. Hal itu sebelumnya telah dia sampaikan saat menghadiri pertemuan IISS Shangri-La Dialogue Ke-21 di Singapura.

Langkah tersebut merupakan komitmen Indonesia dalam menjaga perdamaian di Gaza. Termasuk sikap mendukung gencatan senjata antara Palestina dan Israel. Selain pasukan perdamaian, Prabowo menyebut Indonesia akan mengirim tenaga medis ke Gaza.

Di sisi lain, mengenai pemilihan umum kepala daerah (pilkada) di daerah lain, Prabowo irit berkomentar.
Termasuk ketika ditanya tentang peluang Gerindra mendukung Ridwan Kamil (RK) di pilkada Jakarta. ”Ada waktunya. Tunggu tanggal mainnya,” kata Prabowo, lantas tertawa. (tyo/c14/ttg/jpg/rum)

  • Bagikan