Satpol PP Bersiap Hadapi Pilkada Serentak

  • Bagikan
INTHO HERISON TIHU/TIMEX LATIHAN. Puluhan anggota Satpol PP NTT mengikuti pelatihan menghalau massa di area Kantor DPRD NTT, Rabu (12/6).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Menghadapi Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada November mendatang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mulai menggelar kegiatan pelatihan dan peningkatan kapasitas para anggotanya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kasat Pol PP NTT, Yohanes Oktovianus menjelaskan bahwa upaya tersebut sebagai langkah antisipasi menghadapi potensi keramaian dan gangguan yang mungkin terjadi selama Pilkada.

“Kita harus mempersiapkan diri karena disinyalir pelaksanaan Pilkada serentak ini akan ramai dan membutuhkan kesiapsiagaan atau antisipasi yang matang,” ujar Yohanes.

Selain persiapan menghadapi Pilkada, pelatihan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan anggota Satpol PP dalam menghadapi massa, meningkatkan kekompakan, serta mengatasi setiap persoalan yang timbul.

Mantan Kaban Kesbangpol NTT ini menekankan pentingnya konsolidasi internal untuk meningkatkan pemahaman anggota tentang tugas, fungsi, dan tanggung jawab mereka.

“Kita sebagai personel Pol PP perlu disegarkan kembali agar anggota lebih paham tentang tugas, tupoksi, dan tanggung jawabnya,” tambahnya.

Kegiatan ini berlangsung selama empat hari, terhitung sejak tanggal 9-12 Juni dengan melibatkan seluruh anggota Satpol PP secara bergiliran. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi anggota yang sedang piket atau bertugas, sehingga pelatihan tidak dapat dilakukan secara serentak.

“Pelatihan tidak bisa dilakukan secara serentak karena ada anggota yang sedang bertugas atau piket,” jelas Yohanes.

Kerjasama dengan Korem 161/Wira Sakti Kupang dan Kepolisian Polda NTT turut mewarnai kegiatan ini. Materi pengetahuan umum tentang tugas dan tanggung jawab Satpol PP disampaikan langsung oleh Yohanes sendiri.

Selain itu, anggota juga dibekali dengan alat dan perlengkapan yang relevan, serta diberikan pelatihan agar dapat menggunakan peralatan tersebut dengan baik dan benar.

“Anggota kita dibekali dengan alat dan perlengkapannya sehingga perlu dilatih lagi agar mereka bisa menggunakannya dengan baik dan benar. Kalau ada alat tapi tidak tahu cara pakainya, sama saja tidak berguna,” pungkas Yohanes.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan anggota Satpol PP akan lebih siap dan mampu menghadapi tantangan selama Pilkada serentak 2024, serta dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih efektif dan efisien. (cr6/gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version