Jelang Pilkada 2024, KPU Sikka Gelar Bimtek pemutakhiran data

  • Bagikan
KAREL PANDU/TIMEX IKUT BIMTEK. Ratusan petugas PPK dan PPS se Kavbupaten Sikka mengikuti Bimtek Pemutakiran Data Pemilih yang digelar KPU Sikka, Senin (10/6).

MAUMERE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka menggelar bimbingan teknis (Bimtek) pemutakhiran data pemilih dan aplikasi Sidalih serta penggunaan e-Coklit dalam Pilkada Tahun 2024, Senin (10/6). di halaman belakang Kantor KPU Sikka.

Hal ini disampaikan Juru Bicara KPU Sikka, Yosef Fredianus Boy Gapo kepada koran ini di Kantor KPU Sikka, Selasa (11/6) di Maumere.

Kegiatan ini diikuti Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 21 kecamatan dan PPS dari 194 Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Sikka yang dibagi dalam dua sesi dan dibuka langsung, Ketua KPU Sikka, Herimanto didampingi Anggota Harun Alrasyid, Yosef Fredianus Boy Gapo, Ignasius Irvanto Candra Say, La Hajimu dan Sekretaris KPU Sikka, Aloysius Elwis da Rato.

Pada kesmepatan itu ketua KPU Sikka, Herimanto mengingatkan kepada PPK dan PPS untuk terus bekerja dengan baik sesuai aturan dan juga arahan-arahan secara hirarki mulai dari KPU Pusat, KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota.

“Kita harus mempelajari semua aturan dan petunjuk untuk bisa memastikan kalau proses kerja kita ini sudah benar dan menghasilkan daftar pemilih yang akurat, menyeluruh, mutakhir dan berkualitas nantinya. Jadi setelah kegiatan ini, lakukan internalisasi secara baik. Bangun kelompok diskusi. Lakukan pendalaman materi dan aturan-aturan baik di tingkat PPK maupun PPS” ungkapnya.

Herimanto juga mengatakan, untuk menjamin daftar pemilih yang berkualitas maka petugas harus melakukan dua hal yakni kordinasi dan monitoring secara baik baik kepada PPS maupun PPS kepada Pantarlih.

“Jadi kalau kita mau daftar pemilih kita berkualitas, maka setelah internalisasi, pertama lakukan kordinasi dengan baik kepada pihak pemerintah kecamatan, desa/kelurahan, stakeholder lainnya seperti pihak gereja, masjid, kapela dan lain-lain. Kedua, lakukan monitoring PPK kepada PPS terhadap proses pembentukan Pantarlih juga pelaksanaan pencoklitan” jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan penyampaian materi bimbingan teknis (Bimtek) oleh Ketua Divisi Data dan Informasi, La Hajimu dan operator Sidalih, Mario Yoselfus W. Gare, dipandu moderator Kepala Sub Bagian Perencanaan Data dan Informasi, Cornelius Mauritius. Kemudian dilanjutkan pengarahan dari masing-masing Anggota KPU Sikka dan Sekretaris sebelum ditutup. (kr3/rum/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version