Buka Kans Naturalisasi Striker Lagi

  • Bagikan
Shin Tae Yong

TIM nasional (timnas) Indonesia telah melewati ronde kedua kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan hasil baik. Skuad Merah Putih meraih tiga kemenangan serta sekali hasil imbang. Lalu, dua pertandingan lain berakhir dengan kekalahan. Hasil 10 poin membuat timnas Indonesia melaju ke ronde ketiga kualifikasi dengan status runner-up grup F.

Namun, pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong (STY) masih belum puas dengan permainan timnya. Terutama dalam urusan mencetak gol. Pasukan Garuda hanya bisa delapan kali membobol gawang lawan. Perinciannya, 1 gol ke gawang Iraq, 3 gol ke gawang Filipina, dan 4 gol ke gawang Vietnam.

"Jujur saya tidak bisa memberi nilai baik kepada lini depan. Memang mereka harus mengevaluasi diri dengan baik," tutur STY.

Ya, delapan gol itu memang tidak semua dicetak pemain depan. Gol ke gawang Iraq diciptakan Shayne Pattynama. Tiga gol ke gawang Filipina dikreasi Saddil Ramdani, Thom Haye, dan Rizky Ridho. Lalu, empat gol ke gawang Vietnam masing-masing dilesakkan Egy Maulana Vikri, Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut akan mencari cara supaya lini depan timnas Indonesia lebih tajam. Sebab, pada ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026, persaingan akan lebih berat dan ketat. Calon lawan Indonesia baru akan diketahui pada 27 Juni. Tepatnya saat proses drawing digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Saya akan terus mencari pemain-pemain depan yang lain," tegas pelatih timnas Korea Selatan di ajang Piala Dunia 2018 Rusia tersebut.


STY menambahkan, dirinya juga akan membuka opsi untuk mencari penyerang lewat jalur naturalisasi. Dia akan terus mencari pemain keturunan Indonesia di luar negeri.

"Memang, jika ada pemain yang berdarah Indonesia dan performanya baik, pasti akan diajukan lagi (untuk dinaturalisasi, Red)," ungkap mantan asisten pelatih Queensland Roar tersebut.

Terlepas dari itu, STY ingin seluruh pemain timnas Indonesia menunjukkan performa terbaik pada ronde ketiga kualifikasi. Ronde ketiga akan sangat menentukan langkah Indonesia menuju Piala Dunia 2026. Pada ronde tersebut, juara dan runner-up pada tiap-tiap grup (ada tiga grup) akan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Lalu, tim peringkat ketiga dan keempat pada tiap-tiap grup akan melanjutkan perjuangan di ronde keempat kualifikasi.

"Kami ingin menunjukkan diri kami di ronde selanjutnya. Itu akan menjadi tantangan. Saya sangat suka dengan tantangan," tandas pelatih 54 tahun tersebut. (fiq/c9/ady/jpg/rum/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version