Satpol PP Garda Terdepan Pemerintah

  • Bagikan
PROKOMPIM FOR TIMEX POSE BERSAMA. Pj Wali Kota Kupang, Fahrensy Priestley Funay pose bersama Kasat Pol PP, Rudi Abubakar dan jajarannya serta Tim SAR Kupang, Rabu (12/6).

Pj Wali Kota Buka Bimtek SAR bagi Satpol PP

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Guna meningkatkan kapasitas para anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam menjalankan tugas pelayanan maka Satpol PP Kota Kupang menggelar kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Search dan Rescue (SAR). Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay, Rabu (12/6).

Bimtek yang berlangsung di Aula Rumah Jabatan Wali Kota Kupang tersebut dihadiri oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang, Achrudin Abubakar, Sekretaris Satpol PP, Alan M. Girsang, bersama para kepala bidang, Kepala Seksi Operasi pada Basarnas Kupang, Muhdar bersama para instruktur serta 60 anggota Satpol PP peserta bimtek.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Kupang mengapresiasi program kerja Satuan Polisi Pamong Praja yang membangun koordinasi dengan Basarnas untuk menggelar bimtek tersebut. Menurutnya, hal ini merupakan kolaborasi kerja yang baik dan patut diberikan penghargaan.

Lebih lanjut dikatakan, sebagai salah satu garda terdepan Pemerintah Kota Kupang, Satpol PP sangat berperan dalam kondisi darurat termasuk melakukan penanganan bencana alam hingga pencarian dan pertolongan korban. Karena itu perlu ada upaya peningkatan kapasitas diri melalui pembinaan dan pelatihan yang akan semakin membentuk sikap, mental dan profesionalisme sehingga mereka semakin baik dalam pelaksanaan tugas-tugasnya.

Dia berharap agar dengan pelatihan ini para anggota Satpol PP Kota Kupang dapat belajar tentang cara-cara penyelamatan yang efektif dan tepat serta memiliki kemampuan penyelamatan yang profesional, yang nantinya akan bermanfaat saat bertugas langsung melakukan pencarian dan memberikan pertolongan kepada korban bencana bila sewaktu-waktu terjadi.

Karena itu, dia mengimbau agar para peserta bimtek untuk tidak sekedar melengkapi jumlah daftar hadir tapi bisa menimba ilmu dari para instruktur yang sudah berpengalaman membantu masyarakat ketika bencana.

“Saudara-saudara adalah orang terpilih untuk mengembangkan diri dan memperdalam ilmu. Karena itu ikuti kegiatan ini secara serius,” pungkasnya.

Kabid Perlindungan Masyarakat, Geradus Selebele dalam laporannya menyampaikan lewat bimtek ini, maka Satpol PP Kota Kupang dengan bantuan Basarnas Kupang memberikan pelatihan dan pemahaman tentang proses dan prosedur penanganan bencana sehingga anggota Pol PP memiliki keterampilan dan kemampuan dalam menangani bencana.

Bimtek berlangsung selama tiga hari bertempat di Aula Rujab Wali Kota Kupang dan Lapangan Kantor Basarnas Kupang dibagi dalam 2 sesi yaitu pembekalan materi pada hari pertama dilanjutkan dengan 2 hari praktik lapangan.

Narasumber bimtek adalah pejabat dari Satpol PP Kota Kupang dan pejabat Kantor Basarnas Kupang. Sedangkan instruktur pelatihan semuanya berasal dari Kantor Basarnas Kupang. (cr3/gat/dek)

  • Bagikan