Ratusan Pelajar SMPN 4 Bersaing Pada Lomba Rangking Satu

  • Bagikan
FANSI RUNGGAT/TIMEX LOMBA. Peserta didik atau pelajar SMPN Langke Rembong, ketika bersaing dalam lomba rangking satu di ruangan Laboratorium IPA, Sabtu (15/6).

RUTENG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Mengisi waktu luang jelang penerimaan rapor hasil ujian akhir semester genap 2023/2024, 140 pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, bersaing wawasan melalui lomba rangking satu, Sabtu (15/6).

Terpantau, kegiatan sehari yang digelar oleh pihak sekolah itu berlangsung di ruang Laboratorium IPA SMPN 4 Langke Rembong, La'o, Kelurahan Wali, Kecamatan Langke Rembong. Pesertanya kelas VII dan VIII dengan masing-masing kelas berjumlah 70 orang dari tujuh rombongan belajar, dan dibagi dalam dua sesi. Tiap kelas mengutus perwakilan 10 peserta.

Tampak pesertanya begitu antusias mengikuti lomba itu. Materi soal, seputar pengetahuan umum dari seluruh mata pelajaran yang disusun oleh guru setempat dalam bentuk pilihan ganda dan essay. Waktu yang disediakan untuk menjawab pertanyaan soal, selama 15 detik. Jawaban itu langsung ditulis pada kertas yang disediakan sekolah menggunakan spidol.

Pertanyaan soal itu ditampilkan pada layar LCD proyektor, dan dipandu oleh seorang ibu guru, Klaudia Triani. Bagi peserta yang salah menjawab dari setiap soal yang disajikan, langsung gugur hingga tersisa peserta juara 1,2, dan 3. Sesi satu untuk peserta dari kelas 7 dengan materi pengetahuan dari kurikulum Merdeka, dan kelas 8 dengan kurikulum K-13.

Dewan juri dalam lomba itu adalah guru sebanyak tiga orang, masing-masing Lusia I. K. Retnaningrum, Isadora Nahi, dan Mariana A. Tatus. Turut menyaksikan, Kepala SMPN 4 Langke Rembong, Wens Resman bersama para guru, serta para pelajar. Para peserta, semua mengenakan seragam putih biru. Bagi peserta yang juara, akan mendapat hadiah.

"Materi yang diujikan pada lomba ini, sesuai dengan jenjangnya. Apabila setiap peserta tidak bisa menjawab atau salah jawab, langsung gugur dan keluar dari arena lomba. Setiap dari 2 sesi lomba, kita mencari yang juara 1, juara 2, dan juara 3," jelas ketua panitia kegiatan, Blasius Sadung, kepada media ini di sela-sela lomba rangking satu.

Sadung didamping Sekretaris Panitia, Ulrih Pajang Lamsi, menjelaskan rangking satu merupakan salah satu lomba dari mata kegiatan gebyar akhir semester genap dan panen karya P5. Hari sebelumnya, juga telah dilaksanakan lomba sepak takrow, bola volly, serta pertunjukan panen karya tarian tradisional "Danding", dan fashionshow. Serta akan ada lomba menari, vokal tunggal, melukis, dan pameran karya.

"Kegiatan gebyar dan panen karya P5 ini dilaksanakan pada waktu luang jelang penerimaan rapor naik kelas tahun pelajaran 2023/2024. Pada kegiatan pameran, akan menampilkan hasil karya dari peserta didik kelas 7,8, dan juga kelas 9 yang sudah tamat tahun ini. Sementara untuk kegiatan lomba lain, termasuk lomba rangking satu hari ini, pesertanya hanya kelas 7 dan 8," jelasnya.

Sadung menambah, tujuan dari lomba rangking satu, yakni mengasah kemampuan pengetahuan peserta didik. Semua pesertanya, masuk 10 besar dari setiap kelas yang melalui seleksi oleh masing-masing guru wali kelas. Sehingga pada lomba itu, lebih mematangkan kemampuan serta meningkatkan wawasan setiap peserta yang dapat bersaing dalam prestasi akademik.

Sekertaris Panitia, Ulrih Pajang Lamsi, menambah untuk lomba solo diambil pada setiap kelas dari jumlah 14 kelas, baik putra dan putri. Kemudian untuk kelas 7 sudah diseleksi, sehingga yang tampil masuk finalis ada 10 orang telah lolos audisi. Hal yang sama juga pada lomba menari, ada 14 regu. Terbilang yang sudah lolos untuk tampil sebanyak 8 finalis. Sedangkan untuk pameran, menampilkan hasil keterampilan siswa/i kelas 7, 8, dan juga kelas 9.

"Kalau lomba rangking satu, setiap rumpun ada 11 mata pelajaran dan mereka menyiapkan kisi-kisi soal. Dimana kisi-kisi soal itu disebarkan oleh panitia berdasarkan kiriman dari setiap guru mata pelajaran. Lalu dibagi untuk belajar kepada siawa/i, dan wali kelas yang menggandakan soalnya. Bagi yang juara akan diberikan piagam perhargaan dan hadiah berupa buku tulis," bilang Ulrih, (kr1/thi/dek)

  • Bagikan