125 Orang Ikut Khitan Massal

  • Bagikan
FENTI ANIN/TIMEX KHITAN MASSAL. Asisten II Setda Kota Kupang, Ignasius Lega memantau pelaksanaan kegiatan khitanan massal di Masjid Al Muttaqin Kelapa Lima, Kamis (20/6).

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Kupang menggelar khitan massal. Kegiatan pelayanan bagi masyarakat Kota Kupang ini digelar di Masjid Al Muttaqin Kelapa Lima, Kamis (20/6).

Kegiatan rutin yang digelar Bagian Kesra Setda Kota Kupang ini diikuti 125 peserta. Jumlah tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2023 lalu yang hanya berjumlah 100 orang peserta.

Kegiatan khitan massal dibuka secara resmi oleh Asisten II Setda Kota Kupang, Ignasius Lega. Ignasius menyebutkan bahwa khitanan massal ini telah dilaksanakan oleh Pemkot Kupang secara berkesinambungan sejak tahun 1997. Kegiatan ini juga merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mendukung sepenuhnya setiap kegiatan keagamaan yang sangat potensial, demi terwujudnya perubahan sosial yang mengarah pada kemajuan dan kesejahteraan bersama.

"Ini bukanlah sekadar ritual keagamaan semata, tapi merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam mempersiapkan generasi muda yang unggul, yang kuat imannya, pendidikannya, berwawasan serta memiliki fisik yang sehat, menuju indonesia emas," ujarnya.

Dia mengatakan, khitanan massal mengandung sebuah didikan yang penting bagi anak-anak, untuk senantiasa patuh dan taat kepada perintah Tuhan. Di sinilah mereka mulai diarahkan untuk menjadi anak-anak yang bertakwa dan berakhlak mulia, sehingga diharapkan mereka akan memiliki tiga hal penting dalam hidupnya yaitu ilmu, iman dan amal.

Selain itu, kata Ignas, dari sisi kesehatan, kegiatan khitanan massal ini merupakan salah satu upaya untuk menanamkan kebiasaan hidup sehat bagi anak-anak sejak dini, agar mereka bertumbuh dan berkembang secara sehat, cerdas, dan kreatif.

"Dengan demikian pengamalan terhadap perintah dan ajaran agama tidak hanya menyangkut hal-hal yang bersifat di luar jangkauan pengalaman manusia, tetapi juga memiliki dimensi kekinian yang terkait dengan kehidupan kita sehari-hari," ungkapnya.

Dia juga berpesan, kepada para orang tua, bahwa anak-anak adalah titipan Tuhan yang perlu dijaga, dibimbing dan dididik dengan penuh tanggung jawab dalam pola hidup rumah tangga yang harmonis, penuh nilai-nilai keteladanan, perhatian dan kasih sayang.

Dia juga berterima kasih kepada penyelenggara, tim medis dan para orang tua yang telah mendukung sepenuhnya penyelenggaraan khitanan massal kali ini.

"Juga kepada imam dan pengurus Masjid Al-mutaqin kelapa lima yang telah berkenan menyediakan tempat pelaksanaan khitanan ini," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Kesra Setda Kota Kupang, Jhoni Bire mengatakan, sebagai tambahan peserta khitanan massal mendapatkan pengganti uang transport dan satu buah sarung.

"Jumlah peserta khitanan massal tahun 2024 sebanyak 125 orang yang berasal dari enam kecamatan di Kota Kupang. Kegiatan ini juga menggunakan dasar keputusan Wali Kota Kupang Nomor 20/KEP/HK/2024, tentang pembentukan panitia kegiatan khitanan massal tingkat Kota Kupang tahun 2024," jelasnya. (thi/gat/dek)

  • Bagikan