Donor Darah dan Periksa Kesehatan bagi Disabilitas

  • Bagikan
IST DONOR DARAH. Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung sementara mendonorkan darahnya di Klinik Pratama Parama Satwika Polresta Kupang Kota, Kamis (20/6).

Baksos Polda NTT dan Polresta Songsong Hari Bhayangkara ke-78

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Polda NTT dan Polresta Kupang Kota menggelar bakti sosial (Baksos) dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78. Baksos yang digelar ini berupa donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis bagi para penyandang disabilitas.

Dua kegiatan sosial ini dogelar di dua lokasi berbeda, Kamis (20/6). Polresta Kupang Kota melaksanakan kegiatan donor darah di Klinik Pratama Parama Satwika Polresta Kupang Kota.

Sedangkan, Bidang Dokkes Kesehatan (Biddokkes) Polda NTT menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi.para penyandang disabilitas.

Untuk kegiatan donor darah berhasil terkumpul 83 kantong darah. Rinciannya, golongan darah A sebanyak 20 kantong, B 23 kantong, darah O 35 kantongndan golongan darah AB sebanyak 5 kantong.

"Kami serahkan kepada Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi NTT, untuk diberikan kepada sesama yang membutuhkan," kata Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung.

Kegiatan donor darah ini digelar atas kerja sama dengan Unit Transfusi Darah PMI Provinsi NTT.

Donor darah ini sebagai bentuk kepedulian Polri dalam membantu sesama, serta dalam rangka menyongsong Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024.

Selain melibatkan para personel Polresta Kupang Kota, para pengurus dan anggota Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota juga terlibat. Selain itu, terlibat juga para prajurit TNI Lantamal VII Kupang, Lanud El Tari Kupang dan sejumlah masyarakat.

"Atas nama institusi, saya ucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh personel Polresta, rekan-rekan dari TNI, Bhayangkari dan masyarakat Kota Kupang," ungkapnya.

Dirinya berharap agar donor darah yang sudah dilakukan ini bisa berguna bagi sesama yang membutuhkan.

"Kita mendonorkan darah ini memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita sendiri," ujarnya.

Masih dalam rangka menyongsong Hari Bhayangkara ke-78, Polda NTT juga menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi ratusan penyandang disabilitas. Kegiatan pemeriksaan kesehatan gratis untuk para penyandang disablitas ini mengusung tema 'Polri Presisi Mendukung Percepatan Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan Menuju Indonesia Emas'.

Kegiatan ini bertempat di dua lokasi yaitu Komunitas Perkumpulan Tuna Daksa Kristiani (Persani) Kelurahan Sikumana dan Komunitas Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) Cabang Kota Kupang, Kelurahan Maulafa.

Kegiatan baksos ini dipimpin Kaur Yankes Biddokkes Polda NTT, Kompol Aris Saputro, bersama Tim Biddokkes Polda NTT dan staf RSB Titus Uly Kupang.

Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol. Ariasandy menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan wujud nyata kepedulian Polri terhadap masyarakat, khususnya penyandang disabilitas.

"Bakti kesehatan ini merupakan wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat dan berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat," ungkapnya.

Pemeriksaan kesehatan berupa konsultasi dokter, pengobatan gratis, serta pengecekan kolesterol, gula darah dan asam urat.

Pemeriksaan ini ditujukan kepada 102 orang penyandang disabilitas Tuna Daksa dan 117 orang penyandang disabilitas Tuna Netra.

"Total peserta mencapai 219 orang," ujarnya.

Melalui kegiatan ini, katanya, Polri tidak hanya menunjukkan perannya dalam menjaga keamanan dan ketertiban, tetapi juga kepeduliannya terhadap kesejahteraan masyarakat. (r1/gat/dek)

  • Bagikan