Yafet Yeferson Horo Tak Pernah Menyerah

  • Bagikan
Yafet Yeferson Horo

KUPANG,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Tetap energik di usianya di atas 50 tahun. Berjiwa muda dan gagah. Itulah sosok Yafet Yeferson Horo, anggota DPRD Kota Kupang terpilih pada Pileg 14 Februari 2024 dari Partai Golkar. Ia merupakan Caleg dengan perolehan suara tertinggi di Dapil Kecamatan Alak.

Pria kelahiran Kupang, 24 Januari 1970 ini tak pernah membayangkan bakal menjadi seorang politisi. Cita-citanya sejak awal ialah bagaimana merubah nasibnya menjadi lebih baik. Apalagi, ia berasal dari keluarga yang sangat sederhana dengan sembilan bersaudara.

Pekerjaan serabutan dia lakukan termasuk menjadi kernet, sopir Angkuatn Kota Kupang-Tenau dan menjadi sopir truk logistik. Keinginan Yavet untuk membangun usaha sendiri terus terpatri dalam dirinya.
Berkat kerja keras tak kenal Lelah, tahun 2012, ia pun berdiri sendiri dengan modal menyewa truk dari perusahaan ia bekerja.

Usahanya itu pun berkembang dan dipercaya sebagai distributor beras Bulog di daratan Timor melalui perusahannya CV. Rangga Jaya Trans. Kerja keras, loyalitas yang tinggi dan sikapnya yang jujur, itulah modal utamanya dalam berusaha.

Sukses yang ia raih tentu memiliki tujuan yang ingin dicapainya dalam hidup. Dalam proses pencapaian diperlukan rancangan yang matang untuk melangkah. Rancangan tersebut harus dilakukan secara konsisten dan diperlukan disiplin diri yang kuat agar dapat memetik hasil dari perbuatan yang telah dilakukan.

“Disiplin terhadap diri sendiri dalam melakukan langkah-langkah sesuai jadwal yang telah dibuat untuk meraih kesuksesan itu merupakan hal yang mendasar,” ujarnya.

Disiplin diri merupakan sesuatu yang harus dimiliki oleh orang yang menginginkan kesuksesan dalam hidupnya. Usaha kecil yang dilakukan dengan disiplin akan memberikan manfaat yang luar biasa.

Terjun ke Politik

Berkat kesuksesannya itu, ia banyak ditawari untuk terjun ke politik, bukan hanya dari Partai Golkar. Pilihannya untuk bergabung dengan Golkar dilakukan setelah dirinya bersama Jonas Salean sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Kota Kupang memintanya untuk ketigakalinya.

“Waktu itu, kami acara gereja di Gereja Syalom Airnona. Di situ Pak Jonas minta untuk ketiga kalinya, dan Doa Pak Jonas terjawab sehingga saya putuskan untuk bergabung di Partai Golkar,” tuturnya.

Hal itu pun didukung oleh keluarga besarnya di Kecamatan Alak dan terus mendorong dirinya untuk maju sebagai Caleg pada Pemilu 2024. Dukungan serta dorongan warga kecamatan Alak untuk maju sebagai caleg di Partai Golkar itu bukan tanpa alasan. Yavet dinilai mampu mengemban amanat masyarakat yang akan diwakili nantinya.

Ia selalu hadir di tengah warga dalam berbagai kegiatan kemasyarakatan. Yavet dinilai cerdas dan pintar dalam meramu hubungan dengan siapapun. Kepada yang lebih tua ia sangat santun dan bersahaja, demikian pula kepada yang muda ia sangat familiar.

Bagi pengusaha ini, ia maju sebagai caleg atas keinginan dari hati nuraninya dan murni semata- mata memperjuangkan kepentingan masyarakat dan tidak lebih.

“Niat ini datang dari hati kecil dan atas dukungan dan dorongan semangat dari seluruh masyarakat untuk memperjuangkan nasib masyarakat. Saya tak bisa membohongi nurani saya yang ingin berbuat lebih baik lagi untuk kepentingan masyarakat banyak,” tuturnya.

Kedekatannya dengan masyarakat Kecamatan Alak sebelum maju sebagai Caleg menjadi catatan penting bagi seorang Yavet sehingga keyakinannya untuk maju sebagai caleg DPRD menambah kepercayaan dirinya.

Oleh masyarakat Kecamatan Alak, Yavet Horo dinilai sebagai pribadi yang memiliki jiwa sosial yang tinggi Disamping itu, sebagai pengusaha ia telah menunjukkan dirinya sebagai pemimpin yang bersahaja. Karena itu tak salah jika ia didorong untuk maju sebagai caleg di Dapil Alak.

“Saya siap untuk bekerja keras untuk perjuangkan apa yang menjadi keinginan masyarakat. Saya akan pastikan janji-janji saya karena saya ingin berbuat lebih untuk masyarakat yang memang membutuhkan bantuan,” tegasnya dengan nada optimis.

“Cara yang saya gunakan adalah dengan menjaga hubungan dengan sejumlah relawan,” katanya lagi. (*)

  • Bagikan