Christian Widodo ‘Kuda Hitam’ Calon Wali Kota Kupang

  • Bagikan
Christian Widodo

Popularitas Melejit ke Posisi Ketiga Dalam Jajak Pendapat Publik

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Bursa calon wali kota Kupang, mulai menghangat beberapa waktu terakhir. Perkembangan terbaru terkait popularitas para bakal calon (balon) wali kota di pemilihan wali kota-wakil wali kota (pilwakot) Kupang periode 2024-2029, muncul dari hasil jajak pendapat publik (poling) yang digelar harian Timor Express baru-baru ini.

Jajak pendapat publik sementara, menunjukkan popularitas tertinggi masih dipegang oleh mantan wali kota Kupang periode 2012-2017, Jonas Salean dengan 20 persen suara responden, disusul oleh wali kota petahana Jefri Riwu Kore (2019-2024) yang mendapatkan 16,7 persen.

Sedangkan peringkat ketiga adalah kandidat muka baru sekaligus politisi muda di NTT, Christian Widodo di angka 13,3 persen.

Christian Widodo adalah Ketua DPW PSI NTT dan anggota DPRD Provinsi NTT yang terpilih kembali menjadi anggota DPRD NTT pada pemilu legislatif 2024 lalu. Sementara di posisi keempat dan kelima dengan perolehan 10 persen suara responden, adalah penjabat wali kota Kupang 2022-2024, George Hadjoh dan politisi Partai Nasdem, Robert P Fanggidae.

Melejitnya nama Christian Widodo di peringkat ketiga jajak pendapat publik cukup menarik, karena mengungguli sejumlah nama yang merupakan politisi senior di Kupang maupun NTT. Nama Christian juga mengungguli sejumlah politisi muda yang namanya sempat disebut-sebut publik Kupang bakal meramaikan bursa wali kota di pilwakot Kupang 2024.

Sebelumnya, nama Christian Widodo juga masuk tiga besar dalam hal popularitas dan elektabilitas dalam jajak pendapat yang digelar oleh Universitas Nusa Cendana (Undana) pada Februari 2022. Pada survei publik itu, Christian menempati peringkat ketiga sebagai figur yang dianggap memiliki kualitas dan kapasitas sebagai wali kota Kupang di benak responden survei, setelah politisi senior Jonas Salean dan Jefri Riwu Kore.

Jelang Pilwakot Kupang 2024

KPU Kota Kupang telah menggelar sosialisasi terkait Peraturan KPU Nomor 2/2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Dalam sosialisasi itu disampaikan bahwa proses pilwakot Kupang 2024 akan dimulai pada 5 Mei hingga 19 Agustus 2024 untuk tahapan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan. Selanjutnya 24 Agustus-26 Agustus 2024 adalah tahapan pengumuman pendaftaran pasangan calon wali kota dan wakil wali kota, diikuti tahapan pendaftaran pasangan calon pada 27 Agustus-29 Agustus 2024.

Tahapan berikutnya adalah proses penelitian persyaratan calon pada 27 Agustus-21 September 2024 yang dilanjutkan penetapan pasangan calon pada 22 September 2024. Tahapan pelaksanaan kampanye akan berlangsung 25 September-23 November 2024 dan puncaknya adalah pelaksanaan pemungutan suara pada 27 November 2024.

Sementara itu, Ketua DPW PSI NTT, Christian Widodo yang dimintai tanggapannya atas hasil poling memberikan apresiasi atas dukungan yang diberikan kepadanya.

“Ini baru awal. Kita sudah ada di urutan tiga dan beda 3 persen dengan incumbent. Kita belum deklarasi besar-besaran dan belum banyak turun ke bawah,” ungkap Christian.

“Yang urutan satu dan dua sudah pernah menjabat sehingga mungkin surveinya mentok. Kita masih bisa terus naik surveinya,” tambahnya. (rum/ays/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version