Bukan Anies, PKS Pilih Sohibul Iman

  • Bagikan
Shohibul Imam

Nasdem Ajukan Tiga Nama di Pilgub Jakarta

JAKARTA,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akhirnya mengusung nama Wakil Ketua Majelis Syura PKS Mohamad Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur di pemilihan gubernur (pilgub) Daerah Khusus Jakarta. Di sisi lain, DPW Partai Nasdem Jakarta merekomendasikan tiga figur sebagai bacagub.

Pernyataan itu disampaikan Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri. Sebagai partai pemenang di Jakarta, PKS memutuskan akan memperjuangkan kader terbaiknya sebagai cagub.

’’Kandidat yang kami usung adalah Mohamad Sohibul Iman, yang saat ini menjabat wakil ketua Majelis Syura PKS,’’ ujar Mabruri kemarin (23/6).

Mabruri menyatakan, Sohibul Iman merupakan figur yang memiliki integritas dan kapasitas yang mumpuni. Sohibul Iman pernah memimpin PKS pada 2015–2020.

Hasilnya, PKS mengalami peningkatan suara dan kursi secara signifikan. Dari 8,46 juta suara (6,77 persen) pada 2014 menjadi 11,49 juta suara (8,21 persen) pada 2019. Lalu, dari 40 kursi DPR (2014) menjadi 50 kursi (2019).

Artinya, kata Mabruri, Sohibul Iman mempunyai kepemimpinan yang teruji dalam membawa PKS naik kelas. Sohibul juga dinilai memiliki jejak yang panjang di dunia politik. Yakni, menjadi anggota DPR dua periode (2009–2014 dan 2014–2019).

Sebelum terjun ke dunia politik, ungkap Mabruri, Sohibul Iman juga dikenal sebagai seorang teknokrat dan cendekiawan muslim. Sohibul pernah berkecimpung dalam bidang teknologi di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Kemenristek. Sohibul juga pernah menjadi rektor Universitas Paramadina.

’’Beliau adalah perpaduan antara seorang birokrat yang andal, politikus yang mumpuni, dan intelektual yang disegani di dunia pendidikan,’’ terang Mabruri.

Pada pilgub Jakarta sebelumnya, PKS mengusung Anies Baswedan sebagai cagub bersama dengan Partai Gerindra. Soal itu, Mabruri masih enggan menjelaskan langkah selanjutnya yang akan dilakukan PKS.

’’Nanti kita lihat dinamika politik,’’ tuturnya kepada Jawa Pos.

Di sisi lain, DPW Nasdem Jakarta kemarin mengumumkan tiga nama bacagub untuk pilgub Jakarta. Mulai Anies Baswedan, lalu Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmad Sahroni dan Ketua DPW Nasdem Jakarta Wibi Andrino. Tiga nama itu sudah diserahkan ke Bappilu Nasdem yang diketuai Prananda Surya Paloh.
Wibi mengungkapkan, di antara tiga nama itu, pihaknya sejatinya ingin Sahroni yang maju di pilkada Jakarta.

’’Saya berdoa dan berharap Bang Ahmad Sahroni maju, tapi gimana meyakinkan beliau itu yang berat,’’ ujarnya di gedung Akademi Bela Negara Nasdem, Jakarta, kemarin.

Di sisi lain, Sahroni menegaskan lebih memilih menjadi anggota DPR ketimbang maju di pilgub Jakarta. (lum/tyo/c14/bay/jpg/rum/dek)

  • Bagikan