Pilgub Banten, Gerindra Usung Kader Sendiri

  • Bagikan
Sufmi Dasco Ahmad

DPP PKB Tunggu Usulan DPW Soal Cagub Jatim

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Partai Gerindra kembali menerbitkan rekomendasi dukungan seiring kian dekatnya Pilkada 2024. Teranyar, partai berlambang kepala Garuda itu mengeluarkan rekomendasi di Pemilihan Gubernur Banten dan Pemilihan Walikota Tangerang Selatan.

Di Banten, DPP Gerindra akan mengusung Ketua DPD Gerindra Provinsi Banten Andra Soni sebagai Calon Gubernur. Lalu, Komika Marshel Widianto sebagai Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan.

’’Saya tegaskan, instruksi bahwa Calon Gubernur Banten yaitu Andra Soni dan Calon Wakil Walikota Tangerang Selatan yaitu Marshel Widianto,’’ ujar Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad dalam Konsolidasi Kader Partai Gerindra Kota Tangsel, kemarin (20/6).

Dasco meminta kepada seluruh kader Gerindra Banten untuk solid mendukung calon yang diusung. Dasco juga mengapresiasi seluruh kader yang telah berjuang memenangkan Prabowo Subianto sebagai presiden setelah penantian 16 tahun lamanya.

Di sisi lain, Partai Golkar mengisyaratkan cenderung akan mengusung Ridwan Kamil (RK) di Pilgub Jawa Barat (Jabar) dibanding Jakarta. Wakil Ketua Umum Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan, jika melihat hasil survei internal terbaru, peluang RK menang di Jabar lebih besar. Selain approval rating yang cukup tinggi, elektabilitas RK juga tidak ada yang menandingi.

’’Artinya bahwa masyarakat Jawa Barat masih menginginkan Ridwan Kamil untuk satu periode berikutnya,’’ ujarnya.

Sementara di Jakarta, diakuinya elektabilitas RK cenderung turun. Sempat tinggi saat memasang Billboard on the way ke Jakarta, namun belakangan elektabilitas RK turun setelah mencuat nama Anies Baswedan hingga Basuki Tjahaja Purnama.

Dari Pilgub Jawa Timur, PKB belum memutuskan calon gubernur yang akan diusung. Namun, muncul wacana menduetkan mantan Ketua PW NU Jatim KH Marzuki Mustamar dengan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyambut baik wacana duet KH Marzuki dengan Risma. Menurut dia, keduanya memiliki potensi.

’’Bagus dong, keren,’’ terang Daniel saat dihubungi Jawa Pos. Tapi, sampai saat ini, peluang duet itu masih sebatas wacana.

Anggota DPR RI itu mengatakan, pihaknya masih menunggu usulan dari DPW PKB Jatim soal pilihan calon. Menurut dia, DPW PKB yang akan mematangkan hal itu bersama desk pilkada DPP PKB.

Jika sudah ada usulan dari daerah, DPP akan langsung menyusun jadwal untuk menggelar uji kelayakan dan kepatutan (UKK) bagi calon kepala daerah yang mendaftar melalui PKB. Baru, setelah itu, akan diterbitkan rekomendasi pencalonan. (far/lum/bay/jpg/rum/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version