Beda Urusan Striker Utama

  • Bagikan
NET MEMPHYS DEPAY. Diharapkan bisa menunjukkan ketajamannya Sebagai penyerang dalam laga penentuan menghadap Austria malam nanti

BELANDA vs AUSTRIA

BERLIN,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Memphis Depay dalam tanda tanya besar. Membela Belanda dalam dua ajang mayor beruntun, Piala Dunia 2022 dan Euro 2024, Memphis sebagai striker utama masih nirgol. Itu memicu desakan kepada tacticus Belanda Ronald Koeman untuk melakukan perubahan.

Terutama ketika Oranje –julukan Belanda– menjalani matchday pemungkas grup D Euro 2024 di Olympiastadion, Berlin, malam nanti(siaran langsung MNCTV/Euro 1/Sportstars 3 pukul 23.00 WIB).

’’Aku melihat kemampuannya (Memphis) lebih ke posisi sepuluh. Bukan di posisi sembilan,’’ klaim John van’t Schip, tacticus AFC Ajax musim lalu, pada analisisnya dalam program NOS Studio Fussball.

Analisis Van’t Ship mengacu gaya bermain Memphis yang senang melakukan dribble dan membawa bola ketimbang menunggu bola. ’’Dia lebih suka turun sebagai pemain pendukung striker,’’ imbuhnya.

Pierre van Hooijdonk, striker Belanda di Euro 2000 dan 2004, pun menganggap Memphis layak mendapat kesempatan bermain sesuai dengan kebiasaannya. Meski itu bukan garansi utama.

Tapi, kapten sekaligus bek Belanda Virgil van Dijk menyebut Memphis akan menunjukkan kelasnya, terlepas dari perdebatan soal posisi bermain.

’’Kami semua sudah mengenal Memphis. Dia punya kepribadian sangat kuat dan aku yakin dia bisa tampil bagus,’’ tutur kapten sekaligus bek Liverpool FC itu, seperti dikutip Voetbalprimeur.

Ketika Belanda meragukan kemampuan Memphis, Austria justru semakin percaya bahwa Marko Arnautovic layak diberi kesempatan memimpin lini serang. Setelah moncer dengan membawa Inter Milan scudetto Serie A musim lalu, Arnie –sapaan akrabnya– mendapat konfidensi usai mencetak satu gol dalam kemenangan 3-1 atas Polandia (22/6).

”Arnie mulai menikmati Euro kali ini,” kata pelatih Austria Ralf Rangnick kepada ESPN.(ren/c18/dns/jpg/rum/dek)

  • Bagikan