Tiba di Ende, Uskup Terpilih KAE Bakal Diarak Menuju Istana Keuskupan di Ndona

  • Bagikan
Agustinus Ngasu

ENDE, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Pascarapat pembentukan panitia pentahbisan Uskup Keuskupan Agung Ende, 8 Juni 2024 lalu, kini, panitia telah melakukan persiapan menuju hari besar tersebut.

Persiapan mulai kedatangan, liturgi maupun persiapan lainnya telah mulai dilaksanakan.

Ketua panitia tahbisan Uskup Keuskupan Agung Ende, Agustinus Gaja Ngasu kepada Timor Express di gedung DPRD Ende, Senin (24/6) mengatakan, semua seksi sudah mulai menjalankan persiapan sesuai dengan tugas masing-masing.

Dia menyebutkan, Pater Paulus Budi Kleden, SVD nantinya akan tiba di bandara Haji Hasan Aroebusman Ende, Sabtu (10/8) mendatang. Selanjutnya akan dilakukan seremoni penjemputan dan diajak menuju istana keuskupan di Ndona.

"Kita nanti akan menjemput beliau pada tanggal 10 Agustus di bandara Haji Hasan Aroebusman Ende," katanya.

Dia mengatakan, diperkirakan Pater Paulus Budi Kleden, SVD akan tiba dengan pesawat sekira pukul 14.20. Selanjutnya menuju istana keuskupan di Ndona.

Melewati jalan Gatot Soebroto, nantinya diterima oleh drum band dari Madrasah Aliyah Negeri Ende di depan stadion Marilonga, selanjutnya berarak hingga pertigaan patung Marilonga.

"Disitu, beliau diterima dan disambut oleh masyarakat setempat dan seterusnya menuju Ndona," katanya.

Dipertigaan kantor Camat Ndona dan Polsek Ndona, lanjutnya, akan disambut oleh drum Band SMAK Syuradikara Ende menuju istana keuskupan. Di pertigaan lapangan kompleks istana akan disambut dengan sapaan adat (bhea) selanjutnya dengan berjalan kaki menapaki anak tangga.

"Beliau juga akan disambut juga dengan bhea dan selanjutnya Administrator Keuskupan Agung Ende akan menyerahkan seluruh kewenangan kepada beliau," kata Agustinus.

Sebelum memasuki istana keuskupan, Pater Paulus Budi Kleden, SVD akan melakukan ziarah ke kubur mendiang tiga Uskup Agung Ende masing-masing Mgr Donatus Djagom, SVD, Mgr Longinus da Cunha dan Mgr Vinsensius Sensi Potokota.

"Setelah itu, beliau baru masuk ke istana keuskupan melakukan ibadah," jelasnya.

Sebelumnya, Agustinus menjelaskan,  rangkaian kegiatan tahbisan Uskup Agung Ende terdiri atas empat bagian penting yakni penjemputan uskup baru, salve agung, misa pentahbisan uskup dan misa pontifikal.

Untuk tahbisan uskup berlangsung di Gereja Kristus Raja Katedral Ende tanggal 22 Agustus 2024. Sehari sebelumnya menjelang tahbisan  dilaksanakan salve agung yakni pada tanggal 21 Agustus 2024 di Gereja  St Yoseph Onekore dan misa pontifikal di Gereja Kristus Raja Katedral Ende pada tanggal 23 Agustus.

Dalam rencana, misa pentahbisan akan dihadiri oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Mgr Piero Pioppo selaku uskup pentahbis.

Selain itu, hadir Uskup Agung Jakarta, Ignasius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo dan Ketua Presidium KWI, Mgr Antonius Bunjamin, OSC serta sejumlah uskup dari 37 keuskupan di Indonesia.

Turut hadir nantinya para Provinsial SVD seluruh dunia, tokoh awam Katolik di Jakarta, tokoh Katolik Provinsi NTT, tokoh Katolik di Keuskupan Agung Ende dan perwakilan umat dari tiga kevikepan. (kr4/ays/dek)

  • Bagikan