Tim Dosen FKKH Undana Sosialisasi dan Edukasi 100 Warga Desa Kualin-TTS Terkait Rabies dan CTPS

  • Bagikan
SOSIALISASI. Tim Dosen FKKH Undana Ketika melakukan sosialisasi dan edukasi kepada 100 warga di GMIT Efata Taus, Desa Kualin, Kecamatan, Kabupaten TTS, Jumat (14/6). (FOTO: ISTIMEWA)

KUALIN, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID-Tim Pengabdian Masyarakat yang terdiri dari tiga orang dosen, staf, serta mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Kedokteran Hewan (FKKH), Universitas Nusa Cendana (Undana) Kupang, menggelar kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada 100 warga di Desa Kualin, Kabupaten Timor Tengah Selatan, bertempat di gedung GMIT Efata Taus, Jumat (14/6) lalu.

Tim Dosen Prodi Kesehatan Bersama perwakilan mahasiswa lakukan sosialisasi dan edukasi melalui pemaparan materi penanganan korban terkena gigitan anjing penular rabies, diskusi dua arah dan tanya-jawab pemateri dan peserta, dan praktik Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) bersama-sama.

Warga setempat menyambut baik dengan tingginya antusiasme mengikut kegiatan yang berlangsung selama lebih kurang dua jam. Selain sosialisasi dan edukasi terkait Penyakit Rabies dan Hand Hygiene dengan Pemberian Leaflet Penyakit Rabies dan Leaflet 6 Langkah CTPS, Tim Pengabdian FKKH Undana juga membagikan beberapa perlengkapan kebersihan berkaitan dengan materi yang dibawakan, yaitu ember dengan keran (untuk penampungan air cuci tangan), hand sanitizer, dan hand wash.

Selain berkontribusi terhadap peningkatan pengetahuan masyarakat mengenai rabies dan enam langkah CTPS, kegiatan ini juga bertujuan menjalin kerja sama dengan masyarakat.

Harapannya, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi upaya pengembangan sikap kepedulian sosial melalui interaksi selama sosialisasi serta memperoleh pengalaman dan melatih soft skill.

Tim dosen yang terlibat dalam pengabdian ini adalah dr. Elisabeth Levina Sari Setianingrum, Sp.PK., dr. Desi Indria Rini, M.Biomed, dan dr. Efrisca Meliyuita Br Damanik, M.Biomed, Sp.PA. Sementara enam mahasiswa yang ikut ialah Dina Valentina Blegur, Dimas Cahyo Kusumo, Kenyndra Obrient Christ Adi Utama, Maria Albertini Elfrida Parera, Maria Patricia Maharani Rodja dan Ni Wayan Ruci Radha Ningsih. Kegiatan ini juga diikuti dua orang staf pendamping, yakni Sovie dan James. (Cr1/aln)

  • Bagikan