Erick Thohir: Tidak Ada Yang Mustahil di Sepak Bola

  • Bagikan
PSSI.org OPTIMISTIS. Ketum PSSI, Erick Thohir memberikan arahan kepada dui ruang ganti kepada para Pemain Timnas Indonesia beberapa Waktu lalu

Hasil Drawing, Indonesia Satu Grup dengan Tiga Tim Langganan Piala Dunia

JAKARTA,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Bergabung dengan empat tim yang pernah merasakan atmosfer putaran final Piala Dunia, tiga di antaranya bahkan bisa dibilang langganan, memang berat. Tapi, seperti kata-kata terkenal mantan kapten Inggris David Beckham, di sepak bola, jangan pernah bilang tidak mungkin.

’’Harus diakui kita berada di grup yang berat. Cuma, saya minta kepada pelatih dan timnas kita agar jangan kasih kendur,’’ ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengomentari hasil drawing yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia, kemarin (27/6).

Indonesia tergabung di grup C bersama Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan Tiongkok. Tiga negara yang pertama rutin mewakili Asia ke putaran final. Tiongkok pernah sekali pada 2002. Bahrain pernah sampai ke playoff Piala Dunia 2010.

Indonesia berperingkat terendah di grup C, bahkan di antara semua tim yang lolos ke putaran ketiga zona Asia. Jadi, memang tidak akan mudah masuk dua besar di grup agar bisa lolos otomatis. Atau minimal finis di posisi keempat untuk masuk ke putaran keempat. Putaran keempat bakal dibagi dua grup yang masing-masing berisi tiga tim. Juara grup otomatis lolos, runner-up ke putaran kelima. Yang menang di putaran kelima lolos ke playoff lawan wakil-wakil konfederasi lain.

Di tahun ini, Indonesia pernah bertemu dengan dua negara calon lawan: Jepang dan Australia. Persisnya dalam Piala Asia 2023 yang berlangsung Januari lalu. Duel dengan Jepang terjadi di fase grup. Hasilnya, Indonesia kalah 1-3. Saat itu, satu-satunya gol Indonesia ke gawang Jepang dicetak Sandy Walsh. Berikutnya melawan Australia di 16 besar. Saat itu, gawang Indonesia kebobolan empat kali tanpa mampu membalas.

Erick termasuk yang sangat meyakini ’’dalil’’ Beckham tadi: tidak ada yang mustahil di sepak bola. ’’Banyak sejarah bagaimana tim tidak diunggulkan bisa membuat kejutan. Di Piala Eropa 2024 ini, misalnya, lihat kiprah Austria atau Georgia,’’ ucap mantan ketua umum Perbasi tersebut.

Pertandingan terdekat dimainkan pada 5 September. Asnawi Mangkualam dkk akan berhadapan dengan Arab Saudi di kandang lawan. ’’Kami akan memanggil semua pemain terbaik yang tentunya bangga saat membela Indonesia di kancah internasional. Saya berharap empat hari sebelum pertandingan kualifikasi, para pemain sudah bergabung,’’ tegas Erick.

Persiapan yang dilakukan PSSI jelang ronde ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 bukan hanya itu. PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) membuat jadwal pertandingan kompetisi domestik yang didesain untuk mendukung persiapan timnas. (fiq/drw/c17/ttg/jpg/rum/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version