Pj Bupati Temui Masyarakat Semau dan Semau Selatan

  • Bagikan
TERRY FOR TIMEX TANAM BAWANG. Pj Bupati Kupang, Alexon Lumba menanam bawang saat melakukan kunker ke Kecamatan Semau dan Semau Selatan, Rabu (26/6) lalu.

OELAMASI, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID - Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba melakukan kunjungan kerja di dua kecamatan di pulau Pulau Semau yakni Kecamatan Semau dan Kecamatan Semau Selatan, Rabu (26/6).

Kedatangan Pj Bupati Kupang, Alexon Lumba disambutan hangat pemerintah kecamatan, desa dan tokoh-tokoh masyarakat di pulau Semau.

Sesampainya di dermaga Hansisi, dirinya bersama rombongan disambut dengan natoni dan pengalungan kain adat sebagai ucapan selamat datang dari Camat Semau, Mathen Timate dan Camat Semau Selatan, Nitanel  NS Thene sesampainya di Kecamatan Semau Selatan.

Selanjutnya, Alexon Lumba bersama rombongan menuju Desa Huilelot tepatnya di pantai Batuhopong untuk memantau pertanian rumput laut di tempat tersebut yang dilanjutkan dengan  penanaman bawang merah di Dusun Sialain Desa Uitao dan memantau pelayanan kesehatan masyarakat di Puskesmas Uitao.

Sebelum melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Semau Selatan dilakukan peletakan batu pertama pembangunan homestay di pantai Otan dan berdialog bersama para kades dan masyarakat di kantor Desa Otan.

Di Kecamatan Semau Selatan, Alexon Lumba awalnya melakukan penanaman  bawang merah di lokasi pertanian milik kelompok tani Kontema di Desa Akle, selanjutnya melakukan sidak di Puskesmas Akle dan berdialog dengan masyarakat di kantor Kecamatan Semau Selatan.

Rangkaian kunjungan penjabat bupati ditutup dengan menghadiri sekaligus membuka kemah pemuda remaja GPdI Klasis Semau Selatan di Gereja Elshadai di Desa Uitiuhtuan.

Penjabat Bupati Kupang, Alexon Lumba menyatakan sangat bersyukur bisa hadir dan menjumpai masyarakat yang ada di pulau Semau. Potensi yang ada di dua kecamatan jelasnnya, sangat besar baik pertanian rumput laut, pertanian bawang, cabe, tomat, hingga semangka.

Di Huilelot saat mendengarkan keluhan masyarakat terkait persoalan air bersih dan sarana MCK, Alexon mengatakan akan berupaya mengalokasikannya dalam APBD.

"Saya harapkan masyarakat terus bersemangat berkerja dan meraih hidup yang lebih baik. Mengingat keuangan kita terbatas, apa yang bisa dikerjakan, mari kita kerjakan dulu dan pemerintah akan memberikan dukungan. Terkait pengeluhan masyarakat mengenai penyakit rumput laut dan pengadaan bibit rumput laut, Alexon berjanji akan menyelesaikannya sesuai kemampuan daerah melalui dinas teknis terkait.

Ia menekankan pentingnya kolaborasi  dengan stakeholder terkait dalam memenuhi kebutuhan masyarakat berusaha meningkatkan kesejahteraannya, terutama dengan Bank NTT yang adalah bank milik semua masyarakat NTT terutama masyarakat Kabupaten Kupang.

Alexon saat melalukan penanaman bawang merah di Desa Uitao dan Desa Uitiuhtuan memberi apresiasi kepada petani bawang merah di pulau Semau seluruhnya, karena komoditas bawang merah telah membantu Kabupaten Kupang menjadi salah satu daerah yang tingkat inflasinya rendah dan mendapat pujian dari pemerintah pusat.

Akan tetapi Alexon mengingatkan bahwa potensi bawang merah di pulau Semau masih sangat besar dan perlu dikerjakan lebih maksimal oleh masyarakat, sehingga ia meminta masyarakat untuk lebih giat lagi meningkatkan pertanian bawang merah di pulau Semau.

Saat melakukan pemantauan fasilitas kesehatan dan sarana prasarana di Puskesmas Uitao dan Puskesmas Akle, Alexon berpesan agar semangat melayani harus disertai dengan ketulusan dan kesungguhan sehingga memberikan energi positif terhadap kesehatan masyarakat atau pasien yang dilayani.

Dirinya berpesan khusus kepada Kepala Puskesmas Uitao, Hengra Simanjuntak dan Kepala Puskesmas Akle, Benyamin Abang agar memperhatikan kedisiplinan pegawai dan tenaga kesehatan di puskesmas masing-masing dan utamakan pelayanan kepada masyarakat yang harus ditingkatkan setiap waktu.

Sementara saat peletakan batu pertama pembangunan homestay di pantai wisata Otan, Alexon berharap pengembangan wisata dapat terus berjalan. Semangat dan upaya membangun diri lewat potensi yang ada harus dimiliki oleh pemerintah desa dan masyarakat.

"Semau itu indah, saya apresiasi pemerintah Desa Otan yang membangun home stay. Persiapkan sarana lainnya yang menunjang kebutuhan pengunjung saat menginap disini," pesannya.

Selanjutnya, Alexon Lumba membuka kegiatan kamp pemuda dan remaja GPdI Klasis Semau bertempat di GPdI Elsahaday Desa Uitiuhtuan.

Dalam sambutannya Alexon Lumba mengapresiasi pelaksanaan kegiatan kamp yang tentunya memperkuat iman dan kerohanian para pemuda. Dikatakan, pemuda adalah elemen terpenting berdirinya dan berkembangnya bangsa. Karena itu, para pemuda menurut Alexon harus hidup takut akan Tuhan dan berpegang teguh pada firman Tuhan. Pemuda adalah penerus pembangunan bangsa, daerah, sehingga perlu dibina dan dipersiapkan menjadi pribadi-pribadi unggul, berkarakter dan berkualitas.

Turut serta dalam kunker tersebut Wakil Kepala Bank NTT Cabang Oelamasi, Edwar Hede, Staf Ahli Bupati, Marthen Rahakbauw, Kadis Pertanian, Amin Juariah, Kadis Pariwisata, Piter Sarneno, Kadis Kesehatan. Yoel Laitabun, Kadis Sosial, Paulus Liu dan Kadis Perikanan, Jack Baok. (ays/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version