Surabaya Kota Ramah Anak

  • Bagikan
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji menghadiri wisuda TK Untuk Indonesia. (Istimewa)

Wakil Wali Kota Armuji: Pendidikan Karakter sejak Usia Dini

JAKARTA, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID–Surabaya adalah kota terbesar kedua di Indonesia, telah menetapkan standar baru sebagai model Kota Layak Anak. Dengan fokus pada perlindungan dan pemenuhan hak-hak anak.

Surabaya telah berhasil meraih penghargaan Kota Layak Anak kategori Utama selama lima tahun berturut-turut. Namun, pemerintah kota tidak berpuas diri dengan prestasi tersebut dan berambisi untuk meningkatkan statusnya menjadi Kota Layak Anak Dunia.

Upaya untuk mencapai status Kota Layak Anak Dunia mencakup peningkatan aksesibilitas terhadap pendidikan, kesehatan, dan rekreasi bagi anak-anak. Pemerintah kota juga aktif membangun lingkungan yang ramah anak. Seperti taman bermain dan jalur sepeda yang aman.

Surabaya menetapkan standar tinggi bagi kota-kota lain di Indonesia untuk mengikuti jejak dalam memastikan kesejahteraan anak-anak sebagai prioritas utama. Pembangunan kota layak anak merupakan upaya yang melibatkan berbagai stakeholder, termasuk pemerintah, masyarakat, dan organisasi non-pemerintah.

Wakil Wali Kota Surabaya Armuji yang menghadiri wisuda TK Untuk Indonesia di salah satu hotel menyampaikan komitmennya untuk menjaga Kota Surabaya dengan Predikat Ramah Anak.

”Pendidikan Karakter sejak usia dini merupakan tanggung jawab kita semua , mewujudkan predikat kota ramah anak tentu tidak mudah maka harus kita pertahankan bersama,” kata Armuji.

Dia berharap partisipasi masyarakat semakin tinggi untuk mewujudkan pendidikan usia dini. Serta menanamkan nilai-nilai moral kepada anak-anak sebagai pewaris masa depan bangsa.

”Dari usia anak-anak sudah harus dipupuk semangat gotong-royong, saling menghargai, semangat persatuan, kebersamaan hingga tenggang rasa,” tegas Armuji.

Dia berharap agar Keluarga juga mampu menyediakan waktu untuk mendidik anak-anak, orang tua mengajarkan hal baik yang menjadi bekal kehidupan sehari-hari di waktu tertentu dengan membangun komunikasi intens dengan anak- anak. (jpc/thi/dek)

  • Bagikan