Tugas Polri ke Depan Makin Berat dan Kompleks

  • Bagikan
IST PERIKSA PASUKAN. Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung memeriksa pasukan pada upacara Hari Bhayangkara ke-78 di lapangan Hitam Mapolresta Kupang Kota, Senin (1/7).

Kapolresta Pimpin Upacara Hari Bhayangkara ke-78 Tahun 2024

KUPANG, TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID- Memperingati Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024 pada Senin (1/7), seluruh personel Polresta Kupang Kota mengikuti upacara di lapangan hitam Mapolresta Kupang Kota. Turut hadir dalam upacara tersebut, Ketua Bhayangkari Cabang Kota Kupang Kota, Ny. Melissa Aldinan Manurung bersama pengurus dan anggora Bhayangkari.

Hadir juga, Penjabat (Pj) Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Kupang, Hotma Tambunan, Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kupang Kelas IA yang diwakili oleh Hakim Hubungan Industrial, Paulus D. B. Naro, Kasdim Kodim 1604 Kupang, Letkol Czi. Sunardi, Komandan Satuan POM TNI AU Lanud El Tari Kupang, Letkol Pom. Iwan Suebu serta Kaur Hartib POM Lantamal VII Kupang, Lettu Laut PM Hadi Bejo.

Para peserta upacara di antaranya, anggota TNI dari POM TNI AD, POM TNI AL, POM TNI AU dan staf Kodim 1604 Kupang, staf Polresta Kupang Kota, staf Dinas Perhubungan Kota Kupang serta Satuan Polisi Pamong Praja Kota Kupang.

Kapolresta Kupang Kota, Kombes Pol. Aldinan R. J. H. Manurung memimpin pelaksanaan upacara tersebut. Pada kesempatan itu, Kombes Pol. Aldinan mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-78 tahun 2024.

"Selamat menjalankan amanah mulia untuk mengabdi pada masyarakat, bangsa dan negara," kata Kapolresta Kupang Kota.

Dikatakan mantan Kapolares Kupang ini bahwa anggota Polri memang bersentuhan dengan masyarakat dalam melindungi, mengayomi dan melayani serta menegakan hukum. Saat yang sama, Polri juga diawasi oleh masyarakat.

"Segala tindakan kita selaku anggota Polri, sekecil apapun akan menjadi penilaian oleh masyarakat,” ungkapnya.

Kepercayaan masyarakat terhadap Polri selalu diuji. Sehingga, seberapa tinggi tingkat kepercayaan itu merupakan hal penting. Karena itu, kata Kombes Pol Aldinan, Polri harus selalu memperbaiki dan berbenah diri dalam melakukan reformasi di segala lini.

“Jangan ada lagi persepsi bahwa hukum hanya tajam ke bawah, tapi tumpul ke atas," tegasnya.

Disampaikan bahwa masyarakat membutuhkan rasa aman, rasa keadilan dan rasa untuk diayomi.

"Kita harus mampu berikan kepastian perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat,” ujarnya.

Tantangan tugas Polri ke depan semakin berat dan kompleks, masalah kamtibmas dan penanganan isu-isu negatif yang beredar di masyarakat harus dikawal. Program prioritas nasional harus dikawal cepat secara serius, kualitas pelayanan harus ditingkatkan.

Menurutnya, institusi Polri ibarat seperti sapu lidi. Masing-masing lidi harus bersih, lurus dan harus kuat, yang diikat dengan semangat kesatuan dan sinergitas serta jiwa korsa yang tinggi.

Anggota Polri harus punya jiwa korsa yang tinggi dan tidak terpecah belah, serta peningkatan pengawasan dan sistem pendisiplinan kerja. Terus rawat sinergi dan jiwa korsa, jangan terpecah belah, tingkatkan kualitas SDM, sistem pengawasan dan sistem pendisiplinan harus diperkuat demi tercapainya Polri yang Presisi.

"Jadilah Bhayangkara sejati yang mengabdi tanpa henti kepada masyarakat, bangsa dan negara untuk kemajuan Indonesia," tandasnya.

Sebagai seorang anggota Polri atau Bhayangkara, terus menunjukkan kinerja baik dalam melayani masyarakat dan tidak boleh anti kritik.

"Konsekuensi sebagai seorang Bhayangkara harus siap menerima kritik dan masukan dari masyarakat," kata Kombes Pol. Aldinan.

Kritik yang disampaikan, merupakan bukti kecintaan masyarakat kepada Polri, sehingga disampaikan sebagai bahan untuk berbenah diri guna berikan pelayanan yang lebih baik lagi. Pelayanan dimulai dari tingkat bawah, yaitu Bhabinkamtibmas dan personel di Pos Polisi sebagai pelayanan yang dekat dengan masyarakat.

Pelayanan diberikan oleh seluruh anggota Polri tidak hanya pada fungsi tertentu, karena seorang Bhayangkara juga mengemban tugas dari seluruh fungsi yang ada di kepolisian. Kinerja baik yang sudah ditunjukkan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan lebih baik lagi, sehingga kondisi keamanan dan ketertiban di tengah masyarakat dapat terwujud, serta tak lupa melakukan inovasi mengikuti perkembangan zaman.

Kombes Pol. Aldinan juga berpesan kepada jajarannya agar tetap semangat, jaga kekompakan dengan sesama anggota dan juga dari stakeholder lain.

"Kerja sama yang baik akan menghasilkan pekerjaan yang ringan dan menjadi berhasil bila dikerjakan bersama," pungkasnya.

Usai upacara, dilanjutkan dengan acara syukuran Hari Bhayangkara ke-78 yang digelar di halaman belakang Mapolresta Kupang Kota. (r1/gat/dek)

  • Bagikan

Exit mobile version