Demi Hindari Final Dini

  • Bagikan
NET OPTIMIS. Vinicius jr merayakan golnya ke gawang paragguay bersama Lucas Paqueta, sekaligus menjadi modal berharga saat menghadapi Kolombia pagi ini

BRASIL VS KOLOMBIA

SANTA CLARA,TIMEXKUPANG.FAJAR.CO.ID – Syarat Brasil di grup D untuk lolos perempat final Copa America sebenarnya tidak terlalu sulit. Mereka hanya perlu minimal seri dengan Kolombia pagi ini pada matchday pemungkas (siaran langsung Indosiar/Vidio pukul 08.00 WIB). Kolombia telah dipastikan lolos ke perempat final sejak mengalahkan Kosta Rika 3-0 pada matchday kedua (29/6).

Tetapi, mereka, terutama Brasil, bakal tetap memforsir tenaga demi kemenangan pagi ini. Sebab, mau tidak mau mereka pasti ingin terhindar dari Uruguay yang berstatus juara grup C dengan poin sempurna lewat sapu bersih tiga matchday. Kemarin (2/7) La Celeste mengalahkan tuan rumah AS 1-0. Kekalahan itu memalukan bagi AS selaku host karena memastikan mereka gagal ke perempat final. Hasil yang membuat mereka juga diragukan bisa bicara banyak meski jadi salah satu host untuk Piala Dunia 2026.

Jika sukses menjadi juara grup D, Brasil atau Kolombia bakal bersua runner-up grup C Panama. Perempat final kontra Panama akan dimainkan pada Minggu (7/7).

"Meski permainan kami belum seperti yang diinginkan, kami masih sangat yakin bisa melakukannya (finis sebagai juara grup D, Red),’’ papar gelandang serang Brasil Lucas Paqueta dilansir The Daily Star.

Meski belum kalah di dua matchday sebelumnya, Tim Samba memang inkonsisten. Mereka sempat ditahan 0-0 oleh Kosta Rika pada matchday pembuka (25/6). Walaupun menang 4-1 atas Paraguay pada matchday kedua (29/6), Brasil belum sepenuhnya meyakinkan. Terutama menjaga gawang tidak kebobolan. Performa tersebut bakal menyulitkan mereka jika harus bertemu Uruguay di perempat final. Idealnya, mereka bisa bertemu di semifinal ketika Brasil mulai mendapat pakem yang pas.

Bahkan, Danilo dkk masih berpotensi gagal melenggang ke perempat final. Itu terjadi jika mereka dikalahkan Kolombia, sedangkan di waktu bersamaan Kosta Rika mengalahkan Paraguay dengan margin minimal empat gol.

Apalagi, Kolombia juga on fire dengan memenangi dua matchday awal mereka. Kepastian lolos ke perempat final di edisi kali ini sekaligus streak selalu lolos di enam edisi terakhir atau sejak 2011.

’’Kami masih di tahap awal untuk mencatat sejarah baru bagi Kolombia. Menghadapi Brasil, Anda tidak akan pernah jadi unggulan. Mereka memiliki banyak sejarah hebat,’’ ujar pelatih Kolombia Nestor Lorenzo dilansir ESPN. (io/c6/ady/jpg/rum/dek)

Perkiraan Pemain

Brasil (4-2-3-1):
1-Alisson (g); 2-Danilo (c), 17-Beraldo, 4-Marquinhos, 16-Arana; 5-Guimaraes, 15-Gomes; 10-Rodrygo, 8-Paqueta, 7-Vinicius; 9-Endrick
Pelatih: Dorival Junior

Kolombia (4-2-3-1): 12-Vargas (g); 21-Munoz, 23-Sanchez, 2-Cuesta, 26-Machado; 5-Castano, 15-Uribe; 18-Sinisterra, 10-James (c), 7-Diaz; 14-Duran
Pelatih: Nestor Lorenzo

Siaran langsung: Indosiar/Vidio pukul 08.00 WIB
Stadion: Levi’s Stadium, Santa Clara
Wasit: Jesus Valenzuela Saez (Venezuela)

Asian Handicap: 0:1/2

Lebih Sering Teratas

ADA 14 edisi Copa America ketika Brasil lolos ke fase knockout. Dari jumlah tersebut, hanya di tiga edisi Brasil jadi runner-up.

  • Bagikan

Exit mobile version